Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Software Matematika Geogebra Terhadap Kemampuan Komputasi Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada hubungan antara literasi digital dan keterampilan komputasi siswa, serta keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dengan penggunaan GeoGebra sebagai alat bantu. Metode Systematic Literature Review (SLR) akan mengumpulkan dan menganalisis data dari artikel dan jurnal yang relevan, menambah validitas dan ketepatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika memiliki efek positif, termasuk pengayaan pengalaman belajar siswa, peningkatan motivasi, dan bantuan dalam memahami konsep yang ada dalam matematika. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek dengan GeoGebra juga terbukti efektif dalam mempercepat pemahaman konsep matematika oleh siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi, khususnya GeoGebra, dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa. Dengan demikian, penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika tidak hanya membuat materi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa, tetapi juga mendorong peningkatan kemampuan matematis mereka secara signifikan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, 11(1), 50-56.
Fahkiroh, A., Fatmawati, D. P., & Amalia, S. R. (2023). STUDI LITERATUR: LITERASI DIGITAL SEBAGAI DASAR DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA CALON GURU MATEMATIKA DI ERA SOCIETY 5.0. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 529–538.
Fitriasari, P. (2017). PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 3(1), 57-69.
Haq, M. T., Susilawati, W., Maryono, I., & A, T. W. (2022). Peran Software Geogebra dalam Memacu Mathematical Problem Solving Ability Siswa. Gunung Djati Conference Series, 12, 96-100.
Hasibuan, A. N., & Yahfizham. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Software Matematika Geogebra Terhadap Kemampuan Komputasi Siswa . Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 1-10.
Jannah, M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGABRA DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA PADA KELAS 7 SMP. Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(5), 155–160 .
Kartika, Y., & Yusnaini. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN 2 BIREUEN. Gamma-Pi: Jurnal Matematika dan Terapan, 3(1), 8-13.
Lestari, I. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.
Niswah, K., Eksaktika, T., Ramadhanti, L. R., & Mahesra, A. O. (2024). Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Bantuan Aplikasi Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 388-395.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1-6.
Pulungan, S. S., & Yahfizham. (2024). Software Matematika Sagemath Sebagai Media Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 26-36.
Rif’at, D. N., Shufairo, S., & Zulfahmi, M. N. (2024). ANALISIS KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI APLIKASI MATH DI SEKOLAH DASAR. Scientica : Jurnal Ilmiah Sain dan Teknologi, 2(1), 326–334.
Simbolon, A. K. (2020). PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SMPN2 TANJUNG MORAWA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114.
Telaumbanua, Y. N. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. J-PiMat, 2(1), 131-138.
Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 385-396.