Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Alika Ainayya
Marsofiyati

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki manfaat untuk meningkatkan tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan pembelajaran teman-temannya. Selain itu, pembelajaran ini dapat menumbuhkan sikap positif terhadap kerja kolaboratif untuk memahami materi yang ditugaskan. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan pemeriksaan metodis, transparan, dan komprehensif terhadap literatur saat ini melalui identifikasi, evaluasi, dan pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan motivasi berprestasi tinggi memiliki sifat-sifat tertentu. Model pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan pendekatan yang efektif bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan dengan melakukan penemuan-penemuan yang selaras dengan ide-ide pembelajaran. Paradigma pembelajaran kooperatif jigsaw memiliki efek yang menguntungkan pada hasil belajar siswa. Menerapkan pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi di antara para siswa dari berbagai tingkat kemampuan. Selain itu, pendekatan ini mendorong tanggung jawab dan jaminan di antara individu dalam kelompok, serta merangsang pertumbuhan kerja sama dan keuntungan bersama. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pengaruh internal dan eksternal, dengan motivasi belajar sebagai elemen internal yang sangat kuat.

Article Details

How to Cite
Ainayya, A., & Marsofiyati. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 971–979. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1781
Section
Articles
Author Biographies

Alika Ainayya, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Marsofiyati, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 1).

Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.

Hafidz, H., Sumiharsono, M. R., & Waris, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Mts Syirkah Salafiyah Jenggawah: The Effect Of Jigsaw Cooperative Learning Models And Learning Motivation On Class Vii Student Learning Outcomes In Ppkn At Mts Syirkah Salafiyah Jenggawah. Journal Of Education Technology And Inovation, 3(1), 16-28.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. http://journal.unnes.ac.id

Hestu, O. :, Mahanani, R., Pembimbing, D., Wahyu, I., Sari, W., Si, S., & Biotech, M. (n.d.). Artikel Survei Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Kanisius Wirobrajan Selama Masa Pandemi.

Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pjok Pada Siswa Smp. 8.

Hutagalung, J., Situmorang, J., & Sardjijo, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7748–7761. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4003

Julaeha, S., Erihardiana, M., Miftahul Khoer El-Istohari, Y., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2022). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.449

Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7-11.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62-70.

Latifah. (2018). Analisis pengaruh kompetensi dan kemampuan personal terhadap kinerja. FORUM EKONOMI, 20(2), 87–96. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. In Jurnal As-Salam (Vol. 1, Issue 1).

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). JIBK UNDIKSHA Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4).

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648-12658.

Rahman, S. (2021). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Setianingrum, D. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 08 Kota Tegal.

Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113-133.

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 131-141.

Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenuddin, R. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Srijaya Negara Palembang.

Zakia Nurlatifah, S., Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, S., & Tarbiyah dan Keguaruan UIN Raden Intan Lampung, F. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran… Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth (Wom) Dan Produk Pembiayaan Syariah

Most read articles by the same author(s)