Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan literature review, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Penelitian ini mengkaji berbagai studi sebelumnya yang membahas hubungan antara kondisi ekonomi keluarga dan hasil belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang baik cenderung memiliki akses lebih besar terhadap fasilitas belajar yang memadai, seperti buku, alat tulis, komputer, dan internet, serta mendapatkan dukungan belajar yang lebih intensif dari orang tua. Sebaliknya, siswa dari keluarga dengan kondisi ekonomi rendah sering kali menghadapi keterbatasan akses terhadap sumber belajar dan dukungan yang kurang, yang berdampak negatif pada prestasi akademis mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan orang tua, baik moral maupun material, dalam meningkatkan prestasi akademik anak. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan perlu memperhatikan kondisi ekonomi keluarga dan menyediakan dukungan yang lebih besar bagi peserta didik dari keluarga kurang mampu untuk mengurangi kesenjangan dalam hasil belajar. Dengan demikian, semua anak dapat memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai keberhasilan akademik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amdani, D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126–4131. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2145
Bramantha, H., & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.5851
Eviana Wati, E., Qomario, Q., & Agung, P. (2022). Hubungan Kondisi Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Keteguhan TBT Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 Eviana. Jurnal Ilmu Pendidikan (JURIP), 1(2), 47–50. https://doi.org/10.58222/jurip.v1i2.68
Fahrurrozi, Sari, Y., & Wiguna, P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5472–5479. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3009
Hardiyanti, A., Oruh, S., & Agustang, A. (2022). The Influence of Parents’ Social Status and Economic Conditions on Social Studies Learning Achievement of Elementary School Students 25 Madello Soppeng regency. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 208–218. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6512
Maksudah, N. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 100–115.
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Prayogo, D., & Kristianto, A. (2020). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Taruna Teknika. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 117–124. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.799
Razak, A., Fauzi, M. A., & Sudarmo, A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Siswa dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 001 Bulang Kota Batam. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.16447
Rudisa, Elpisah, Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6227–6235.
Safitri, D. R., Fitria, S., & Rohana. (2021). The Influence of Student Motivation on Student Achievement in Junior High School. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 701. https://doi.org/10.29210/021113jpgi0005
Samrin, S., Syahrul, S., Kadir, S. F., & Maknun, D. R. L. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2), 250. https://doi.org/10.31332/str.v26i2.2400
Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241
Susanti, R. (2021). Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4, 353–363. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2982%0AKONDISI
Trinova, Z., Hasibuan, A. L., & Nini. (2021). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 12(1), 37–48.
Triwidatin, Y. (2019). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Bogor. JURNAL AKUNIDA, 5, 85–97.
Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Y. (2019). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 4 Sindreng Rappang Oleh. In Central Library of State of Islamic Institute Parepare. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.