Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar

Main Article Content

Indah Susanty
Marsofiyati

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa melalui analisis literatur. Rentang penelitian mencakup berbagai artikel yang menyoroti hubungan antara faktor-faktor tersebut dalam konteks pendidikan. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana sarana pembelajaran yang efektif dan motivasi belajar yang tinggi memengaruhi kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini melibatkan analisis studi literatur dari beberapa penelitian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana pembelajaran yang memadai, seperti penggunaan media pembelajaran interaktif dan teknologi online, serta motivasi belajar yang tinggi, baik dari faktor intrinsik maupun ekstrinsik, secara signifikan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Meskipun motivasi belajar memberikan dampak yang lebih besar, peningkatan kualitas sarana pembelajaran juga memberikan kontribusi yang penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk kemandirian siswa. Oleh karena itu, keselarasan antara kedua faktor tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa secara keseluruhan.

Article Details

How to Cite
Susanty, I., & Marsofiyati. (2024). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 921–929. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1763
Section
Articles
Author Biographies

Indah Susanty, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Marsofiyati, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

References

Mujisuciningtyas, N. (2014). Pengaruh kemandirian belajar dan sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar praktik di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103-115.

Qomariyah, A. N., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar dan sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 141-154.

Oktavera, S. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 312-323.

Sari, M., Sumadi, S., & Zulkarnain, Z. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi (Doctoral dissertation, Lampung University).

Wijayanto, SA (2019). Pengaruh media belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa sma. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya , 9 (2), 172-184.

Astuti, A., Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Dedyerianto, D. (2020). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. AL-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208-225.

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019, February). Keefektifitan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 917-927).

Muchyidin, A. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar matematika bersuplemen komik terhadap kemandirian belajar siswa. EduMa: Pembelajaran dan pengajaran pendidikan matematika , 6 (1), 43-51.

Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6360-6374.

Septiana, W. O. A., & Sholeh, M. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid- 19. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 33-40.

Sari, RP, Renata, D., & Utami, S. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa SMK Negeri 2 Kendari. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling , 3 (1), 10-17.

Arista, M., Sadjiarto, A., & Santoso, T. N. B. (2022). Pengaruh Motivasi belajar dan teman sebaya terhadap kemandirian belajar pelajaran ekonomi pada pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Basicedu, 6(4), 7334-7344.

Daulay, N. (2021). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al- Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21-35.

Trisnawaty, S., Soesilo, T. D., & Setyorini, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX A SMP Sudirman Ambarawa. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 125-136.

Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis korelasi pearson dalam menentukan hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14-18.

Fauziah, N., Sobari, T., & Supriatna, E. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa smpn 6 garut. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 49-55.

Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1553-1560.

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar ekonomi pada pembelajaran daring dimasa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668.

Yuliana, K. N., Suyati, T., & Venty, V. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa dI SMAN 1 Kedungwuni. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 1-9.

Yogi, N. D. M., Mardi, M., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Daring dan Media Online terhadap Kemandirian Belajar yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa SMA. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1089-1106.

Anggraini, SD, & Tusyanah, T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana dan Prasarana dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemandirian Belajar dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Akuntansi , 4 (2), 155-171.

Wijaya, S., Hariyani, Y., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran DUPAN (Dadu Pancasila) terhadap Kemandirian dan Motivasi Belajar Siswa di UPTD SDN Tunjung 4 Burneh Bangkalan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 7(1), 683-690.

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran kemandirian belajar dalam memediasi pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9-21.

Marthadiningrum, D. A., & Widayati, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal pendidikan akuntansi (jpak), 10(2), 162-175.

Sudarwo, R., Yusuf, Y., & Anfas, A. (2018). Pengaruh sarana belajar dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar mahasiswa (Studi Empirical Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate). Jurnal Pendidikan, 19(2), 68-83.

Hartini, H., Danial, D., & Munawaroh, M. (2021). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru. JTMT: Jurnal Tadris Matematika , 2 (2), 40-48.

Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh motivasi, sarana prasarana, efikasi diri, dan Penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923-935.

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220-16233.

Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh model pembelajaran blanded learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 68-75