Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi dengan Variabel Intervening Motivasi Belajar

Main Article Content

Rifdah Amara Sari
Marsofiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi pada data dari angket yang disebarkan kepada siswa sekolah menengah di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa guru yang memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, bijaksana, berwibawa, dan memiliki akhlak mulia mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar siswa juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar, menekankan pentingnya motivasi sebagai faktor kunci dalam mencapai prestasi akademik yang tinggi. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi dunia pendidikan, termasuk pentingnya program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru, penerapan strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif, serta pengembangan alat evaluasi kinerja guru yang komprehensif.

Article Details

How to Cite
Amara Sari, R., & Marsofiyati. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Teratai Putih Global 2 Bekasi dengan Variabel Intervening Motivasi Belajar. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 821–829. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1742
Section
Articles
Author Biographies

Rifdah Amara Sari, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

Marsofiyati, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

References

Abdullah. (2019). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Faisal, M. K. (2021). Selekta Pendidikan Suatu Pengantar Kebijakan Pendidikan Karakter dan Arah Pembelajaran. CV. Azka Pustaka.

Gintings, A. (2016). Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Humaniora.

Hendikawati, P., Zuhair, M., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927.

Lexy Molcong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Roqib, M., & Nurfuadi, N. (2020). Kepribadian guru. CV. Cinta Buku.

Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatlfdan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011b). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2002). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Pemula. Gajah Mada University Press.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1276–1283.

Vitianingsih, A. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform, 1(1), 1–8.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.