Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan studi literatur tentang proses analisis berpikir komputasi dalam
pembelajaran matematika untuk mendapatkan strategi yang dapat memperoleh solusi atau metode mengatasi suatu
masalah yang terjadi dan mengidentifikasi berbagai sudut pandang dan dapat menemukan teori yang berkaitan
dengan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). SLR
adalah istilah untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan menafsirkan masing-masing penelitian yang relevan
berkaitan dengan kajian, topik, atau fenomena yang sedang diteliti oleh penulis. Terkait dengan kemampuan berpikir
dalam pembelajaran matematika terdiri dari proses berurutan dengan langkah-langkah dan prosedur atau yang
disebut dengan algoritma, perhitungan yang jelas yaitu komputasi, menentukan strategi yang tepat,dan berorientasi
pada pemecahan masalah. Tentu semuanya diperlukan proses berpikir komputasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.
Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), 12590-12598.
Dagiene, V., & Sentance, S. (2016). It’s computational thinking! Bebras tasks in the curriculum. In Informatics in Schools: Improvement of Informatics Knowledge and Perception: 9th International Conference on Informatics in Schools: Situation, Evolution, and Perspectives, ISSEP 2016, Münster, Germany, October 13-15, 2016, Proceedings 9 (pp. 28-39). Springer International Publishing.
Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2014). CTArcade: Computational thinking with games in school age children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2(1), 26-33.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. R. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46-55.
Maulana, B. S., & Waluya, S. B. (2024, February). Systematic Review tentang Berpikir Komputasional dengan Scratch dalam Pendidikan Selama 2018-2023. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 328-334).
Maksum, K., Ardiyaningrum, M., & Sukati, S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Komputasi pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtida’iyah (MI). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 39-53.
Malik, S., Prabawa, H. W., & Rusnayati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. International Journal of Computer Science Education in Schools, 8(1), 41.
Román-González, M., Pérez-González, J. C., & Jiménez-Fernández, C. (2017). Which cognitive abilities underlie computational thinking? Criterion validity of the Computational Thinking Test. Computers in human behavior, 72, 678-691.
Safitri, T., Ginting, T. L. B., Indriani, W., & Siregar, R. (2024). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(2), 10-16.
Sitorus, C. W., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic literature review: Analisis kemampuan berpikir komputasi siswa menggunakan software matematika Geogebra. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 107-116.
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Hubungan berpikir komputasi dan pemecahan masalah polya pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115-126.
Widyanti, R. T., Rohana, R., & Surmilasari, N. (2024). Pengaruh model PMRI terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa sekolah dasar pada materi bangun ruang. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1299-1308.
Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33-35.
Yadav, A., Stephenson, C., & Hong, H. (2017). Computational thinking for teacher education. Communications of the ACM, 60(4), 55-62.