Pengaruh Media Robotik Terhadap Berpikir Komputasi Siswa: Studi Literatur Review

Main Article Content

Tia Ananda Solin
Yahfizham

Abstract

Dengan adanya teknologi informasi yang semakin berkembang, berkembang pula kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad 21 untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0 ini. Salah satunya adalah kemampuan berpikir komputasi, yaitu kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan berpikir logika secara runtut selangkah demi selangkah untuk dapat menentukan sebuah keputusan. Begitu pula dengan media pembelajaran, media pembelajaran dengan berbasis teknologi juga semakin berkembang dan bervariasi, contohnya media robotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari media robotik terhadap berpikir komputasi siswa. Dengan studi literatur menggunakan metode Systematic Literature Review. Hasil penilitian ini adalah kemampuan berpikir komputasi siswa dengan media pembelajaran robotik meningkat dengan menggunakan berbagai jenis Educational Robotics dengan ruang lingkup sekolah dilihat dari berbagai jenjang pendidikan dimulai dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas.

Article Details

How to Cite
Ananda Solin, T., & Yahfizham. (2024). Pengaruh Media Robotik Terhadap Berpikir Komputasi Siswa: Studi Literatur Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 679–684. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1713
Section
Articles
Author Biographies

Tia Ananda Solin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Angeli, C., & Valanides, N. (2019). Mengembangkan Pemikiran Komputasi Anak Kecil dengan Robotika Pendidikan: Efek Interaksi Gender dan Strategi Scaffolding. Komputer dalam Perilaku Manusia.

Ardito, G., Czerkawski, B., & Scollins, L. (2020). Belajar Berpikir Komputasi Bersama: Pengaruh Perbedaan Gender dalam Program Robotika Sekolah Menengah Kolaboratif. Tren Teknologi, 64, 373–387.

Atmatzidou, S., & Demetriadis, S. (2016). Meningkatkan keterampilan berpikir komputasi siswa melalui robotika pendidikan: Sebuah studi tentang perbedaan yang relevan dengan usia dan gender. Robotika dan Sistem Otonomi, 75, 661–670.

Bers, MU, Flannery, L., Kazakoff, ER, & Sullivan, A. (2014). Pemikiran komputasi dan tihnkering: Eksplorasi kurikulum robotika anak usia dini. Komputer & Pendidikan, 145-147.

Chaudhary, V., Agrawal, V., Sureka, P., & Sureka, A. (2016). Laporan Pengalaman Pengajaran Pemrograman dan Berpikir Komputasi kepada Anak Tingkat Dasar Menggunakan Lego Robotics Education Kit. Konferensi Internasional Kedelapan IEEE 2016 tentang Teknologi untuk Pendidikan (T4E).

Chookaew, S., Howimanporn, S., Pratumsuwan, P., Hutamarn, S., Sootkaneung, W., & Wongwatkit, C. (2018). Meningkatkan Berpikir Komputasi Siswa SMA dengan Pembelajaran Robotika Pendidikan. Kongres Internasional ke-7 tentang Informatika Terapan Tingkat Lanjut (IIAI-AAI) tahun 2018.

Canchamps, N., Slangen, L., Hennissen, P., & Specht, M. (2019). Pengaruh pemrograman SRA terhadap pemikiran algoritmik dan efikasi diri menggunakan robot Lego dalam dua jenis instruksi. Int J Techno Des Pendidikan

Fanchamps, N., Slangen, L., Hennissen, P., & Specht, M. (2019). Pengaruh pemrograman SRA terhadap pemikiran algoritmik dan efikasi diri menggunakan robot Lego dalam dua jenis instruksi. Int J Techno Des Pendidikan.

Fletcher, G., & Lu, J. (2009). Keterampilan komputasi manusia: Memikirkan kembali pengalaman K-12. Komunikasi ACM-Asosiasi Mesin Komputasi- CACM, 52(2), 23-25

Gonzalez, YA, & Munoz-Repiso, AG-V. (2017). Robotika pendidikan untuk pembentukan keterampilan pemrograman dan pemikiran komputasi pada anak. 2017.

Isabelle ML, S., Andrade, WL, & Livia MR, S. (2019). Menganalisis Pengaruh Berpikir Komputasi pada Matematika melalui Robotika Pendidikan. Konferensi Perbatasan IEEE dalam Pendidikan (FIE) 2019. J.Noh, J. (2019). Pengaruh pemrograman robotika terhadap pemikiran komputasi dan kreativitas siswa sekolah dasar. Pengembang Riset Teknologi Pendidikan, 463–484.

Kanda, T., Hirano, T., Eaton, D., & & Ishiguro, H. (2004). Robot interaktif sebagai mitra sosial dan tutor sebaya untuk anak-anak: Uji coba lapangan. Jurnal Interaksi Komputer Manusia, 19, 61-84.

Lawhead, PB, Duncan, ME, Bland, CG, & Goldweber, M. (2002). Peta jalan untuk mengajarkan pemrograman pengantar menggunakan robot mindstrom LEGO©. Buletin ACM SIGCSE, 191-201.

Phetsrikran, T., Massagram, W., Phoka, T., & Harfield, A. (2018). Studi Kelayakan Bot Ardukasi: Robotika Pendidikan dan Perangkat Aplikasi Seluler untuk Keterampilan Berpikir Komputasi. Konferensi Ilmu Komputer dan Teknik Internasional ke-22 tahun 2018

Rogers, C., & Portsmore, M. (2004). Membawa teknik ke sekolah dasar. Jurnal Pendidikan STEM, 5, 17-28.

Sáez-López, J., & Sevillano-García, M. &.-C. (2019). Pengaruh pemrograman pada pemahaman matematika dan ilmiah siswa sekolah dasar: penggunaan mBot dalam pendidikan. Penelitian Teknologi Pendidikan Dev 67, 1405–1425.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>