Tinjauan Literatur Tentang Pemanfaatan Photomach pada Pembelajaran Matematika dalam Kemampuan Berpikir Komputasi Sekolah Menengah Pertama

Main Article Content

Mega Utami Hasibuan
Yahfizam

Abstract

Penelitian ini menawarkan tinjauan literatur tentang pemanfaatan photomach dalam pembelajaran matematika untuk sekolah menengah pertama. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan photomach dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pemanfaatan photomath pada pembelajaran matematika untuk sekolah menengah pertama telah menarik perhatian beberapa peneliti. Photomath adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyelesaikan soal matematika dan dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik. . Photomach, yang berarti "pemahaman melalui gambar", dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Photomath dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan berpikir komputasi. Dalam sintesis, pemanfaatan photomath pada pembelajaran matematika untuk sekolah menengah pertama dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan berpikir komputasi.

Article Details

How to Cite
Utami Hasibuan, M., & Yahfizam. (2024). Tinjauan Literatur Tentang Pemanfaatan Photomach pada Pembelajaran Matematika dalam Kemampuan Berpikir Komputasi Sekolah Menengah Pertama. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 698–705. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1721
Section
Articles
Author Biographies

Mega Utami Hasibuan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348-360.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.

Damayani, S., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 46-52.

DERIANTO, D. (2023). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PHOTOMATH DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).

Fauji, T., Sampoerno, P. D., & El Hakim, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 87-98.

Handayani, S. D., & Solihah, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Krisnadi, E. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 365-376.

Muslimah, A., Ramadannia, C., Fitri, A., Dzakiroh, F., Wijaya Kusuma, J., Matematika, J. P., & Keguruan Dan, F. (2023). Penerapan pemanfaatan multimedia pada aplikasi photomath dalam pembelajaran trigonometri kelas xi mipa v di sman 3 cilegon. Indonesian Journal of Thousand Literacies IJTL, 1(3), 241-360.

Nasution, N. E., & Yahfizham, Y. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 50-56.

Oktaviani, R. D., Ilmiah, T., Sholihah, N., Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Pemecahan Masalah Matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-54.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Almeina, I., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109-115.

Wahyuni, I. (2016). Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini. Al-Fitrah, 8(1).

Wijayanti, R., & Hasanudin, C. (2023, November). Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1396-1401).

Wulandari, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Photomath pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 332-339.

Zahra, F., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Memanfaatkan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 26-32.

Most read articles by the same author(s)