Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software Matematika Geogebra
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasi siswa menggunakan software matematika GeoGebra. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan cara visual dan interaktif. GeoGebra juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir komputasi, terutama dalam aspek Decomposition dan Pattern Recognition. Selain itu, GeoGebra juga dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan lebih cepat dan efektif. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa GeoGebra dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Analisis kemampuan computational thinking dalam pembuatan media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 34-40.
Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan software geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).
Lubis, A. P. (2024). Analisis Kemampuan berpikir komputasi siswa SMA menggunakan software Geogebra materi Transformasi Geometri. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 24-31.
Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67-80.
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114.
Suhaifi, A., Rufii, R., & Karyono, H. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220-230.
Telaumbanua, Y. N. (2020). Analisis pembelajaran dengan menggunakan software geogebra dalam pembelajaran matematika. J-PiMat, 2(1), 131-138.