Pemanfaatan Software Matematika Malmath pada Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Dea Indriani
Yahfizam

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran secara nyata dapat diarahkan untuk membentuk sikap baru dakam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana fisik yang digunakan saat pembelajaran berupa penyaluran pesan dengan tujuan akan terjadinya komunikasi anatara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Malmath. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakuakan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait aplikasi Malmath. artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 artikel jurnal yang sudah terakditrasi yang di peroleh dari data base Google Shoolar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi Malmath dapat meningkatkan hasil, semangat belajar, kemampuan komunikasi matematika dan kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Indriani, D., & Yahfizam. (2024). Pemanfaatan Software Matematika Malmath pada Pembelajaran Matematika. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 379–384. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1594
Section
Articles
Author Biographies

Dea Indriani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Yahfizam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Afrilia, Putra, (2020). Sistematic Literatur Review: Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL – Qalasadi, Vol. 4, No. 2

Anam, Sudarwo, Udin, Anwar, Udin, Mandaline, Sup, Pramita, Illah, Nisa, (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, Vol. 1

Andayani, Kursini (2022). Developing And Android As a Learning media oriented to problem solving skill mathematical communication skill for flipped classroom. AIP Conference Proceedings.

Asrul, Anggraini, (2023). Systematic Literatur Review: Kemampuan Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Euclid. Vol. 10, No. 04

Bakri Aburizal, (2019). The Effect of The Learning Cell Model Of Malmath Application Assisted Against Mathematical Communication Capabilities of Class IX Student of SMP Negeri 3 Langsa. Postgradute Faculty, Medpplication an State University.

Fitra, Vinsensia, Utami, (2020). Utilitization of Malmath ICT – Based Learning Tools on Student Learning Outcomes. Internasional Journal Education, Information Tecnology, Vol. 3, No.2

Hendra, Nur, Firman, Rangkuti, Mahie, dan Amir, (2021). Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Melalui Pelatihan Tutor Matematika Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Takaler. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 5 No. 3

Muhammad, Adi, Agung, (2021). Analisis Kemampuan Komputasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek Pada Materi Pola Bilangan. Aksioma Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 12 No.2

Prihantini, Diyah, Hakim (2021). Android Sebagai Media Belajar Dalam Perkuliahan Mitos atau Fakta?. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 153-160.

Simanjuntak Inoy, (2020). Pengaruh Perangkat Lunak Malmath Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Di kelas X SMA Negeri 4 Binjai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara – Skripsi

Syifa, Heni, Syamsuri (2023). Systematic Literatur Review: Literasi Numerasi dalam pembelajaran Matematika, Jenjang Materi, Model dan Media Pembelajaran. JIP (Jurnal Ilmiah Pendidikan), Vol 6 No.4