Peningkatan Penerapan Media Video 3D Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh

Main Article Content

Rosmiati Rosmiati
Indah Suryawati
Saudah Saudah

Abstract

Penelitian ini terkait ”Peningkatan Penerapan Media Video 3D pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh”. Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas VI SD Negeri 19 banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video 3D terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan one-group pretest-postest design.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik pengolahan data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil thitung=10,413 dan ttabel=1,71088. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel dan dapat disimpulkan bahwa diterima (ha) dan tolak (ho) yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan media video 3D terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh

Article Details

How to Cite
Rosmiati, R., Suryawati, I., & Saudah, S. (2023). Peningkatan Penerapan Media Video 3D Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 19 Banda Aceh. Journal of Technology and Literacy in Education, 2(3), 149–154. Retrieved from https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jtle/article/view/946
Section
Articles

References

Andri, A., Cahyadi, D., & Yofa, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241.

Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi Literatur: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2 (8), 985-996.

Hikmah, F, A. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penaksiran Pecahan Desimal di Kelas IV-D MIN 1 Jombang”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah.

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8.

Komaro, M., Ariyano, A., Suherman, A., & Geovani, G. F. (2018). Problem solving in phase diagram of engineering material subject through animation as learning media. MATEC Web of Conferences, 197, 1–3.

Nana, S, S. (2016). Metode penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, hal. 53.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68.

Sulistyaningsih, R., Wicaksono, A. G., & Mustofa, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 238-248.

Wulandari, Z. F. (2018). Pemanfaatan Media Animasi 3 Dimensi (3D) pada Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Tapaktuan. Doctoral dissertation, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Zunidar, Z. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah, IX (2), 41–51.