Artikel yang dikirim ke Journal of Technology and Literacy in Education merupakan hasil penelitian empiris, analisis kritis atas suatu isu akuntansi kontemporer, studi literatur yang memenuhi standar penulisan ilmiah dan tidak sedang dalam proses publikasi di jurnal lain. Bidang kajian yang menjadi fokus Journal of Technology and Literacy in Education meliputi Perkembangan teori dan teknik pengajaran serta Teknologi dalam dunia Pendidikan dan kajian-kajian lainnya yang masih relevan dengan topik-topik di bidang Pendidikan.

 

FORMAT UMUM PENULISAN

  • Artikel diketik dengan satu spasi. Setiap paragraf dimulai dengan lima ketukan masuk ke dalam.
  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan ukuran huruf 12 poin, jenis huruf malgun gothic atau arial, dan menggunakan kertas ukuran A4.
  • Margin penulisan: Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan masing-masing 2/2/2/2 cm.
  • Panjang tulisan berkisar minimal 6 halaman dan maksimal 12 halaman dan tidak termasuk daftar pustaka.
  • Halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut.
  • Sub judul ditulis rata kiri dengan huruf kecil yang ditebalkan dan dimiringkan, jenis huruf malgun gothic atau arial, dan ukuran 12.
  • Setiap tabel diberi nomor urut. Judul tabel harus merepresentasikan isi tabel yang ditulis dengan rata kiri dan berada di atas tabel. Sumber Tabel (fontsize: 10) harus dicantumkan rata kiri berada di bawah tabel
  • Setiap Gambar diberi nomor urut. Judul gambar harus merepresentasikan isi gambar yang ditulis dengan rata tengah di bawah gambar. Sumber Tabel harus dicantumkan dalam kurung ( ) setelah judul gambar dengan fontsize 10.

 

SISTEMATIKA PENULISAN

JUDUL

Judul harus merefleksikan isi artikel yang ditulis dengan singkat maksimal 12 kata. Penulis mencantumkan nama (tanpa gelar akademik), afiliasi, dan alamat e-mail di bawah judul. Jika artikel ditulis oleh lebih dari satu penulis, maka nama penulis yang menjadi

corresponding author harus dinyatakan secara jelas.

ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat ringkasan mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ± 150 s.d 170 kata dan diikuti dengan penulisan kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring. Kata kunci terdiri dari 3 –5 suku kata yang mencerminkan konsep-konep penting yang digunakan dalam artikel.

PENDAHULUAN

Bagian ini memuat latar belakang, tujuan penelitian yang didasarkan oleh topik, tema, dan fokus yang akan dibahas, bagaimana penelitian terdahulu, kajian-kajian teori dan pengembangan argumen konseptual yang menjadi dasar kerangka berpikir dalam perumusan hipotesis dan juga memuat kontribusi penelitian.

METODA PENELITIAN

Bagian ini berisi desain penelitian yang mencakup metode penelitian, prosedur pengambilan sampel, dan pengukuran variabel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan karakteristik sampel dan hasil analisis data yang terdiri dari

statistik deskriptif, pengujian hipotesis, diskusi hasil, dan generalisasi hasil temuan.

SIMPULAN

Bagian ini memuat simpulan penelitian, implikasi dan saran untuk penelitian berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini memuat sumber-sumber acuan yang digunakan dan hanya yang digunakan

dalam naskah saja yang termuat dalam daftar pustaka.

 

TATA CARA PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang

disusun menurut abjad sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Berikut

contoh penulisan daftar pustaka yang berasal dari berbagai sumber:

Internet

Dziuban, C., Hartman, J., & Moskal, P. (2004, March 30). Blended Learning.ECAR Research Bulletin. Tersedia: http://www.educause.edu/ecar/, [5 Januari 2014].

Journal

Hermawanto, Kusairi dan Wartono. (2013) Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9 (2): 67-76.

Book

Rusman dkk. (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wena, Made. (2009) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Conference

Soekartawi (2006). Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006). Yogyakarta, 17 Juni 2006.

Tesis or Dissertation

Wilantara. I. E. (2003) Implementasi Model Belajar Konstruktivis dalam Pembelajaran Fisika untuk Mengubah Miskonsepsi Ditinjau dari Penalaran Formal Siswa. [tidak terbit] Tesis, Program Pascasarjana, Institute Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

 

PENGIRIMAN ARTIKEL

File yang berisi artikel dalam format Microsoft word dan identitas penulis dikirim ojs dengan membuat akun terlebih dahulu pada https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jtle/user/register?source=

 

PROSES REVIEW

Proses review tahap pertama dilakukan oleh editor Jurnal Journal of Technology and Literacy in Education dan jika dinyatakan lolos akan dilanjutkan kepada reviewer.
Proses review tahap kedua dilakukan oleh reviewer secara double blind review dengan kemungkinan hasil sebagai berikut: Diterima tanpa perbaikan, Diterima dengan perbaikan (minor atau mayor), atau Ditolak.