PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN MODUL AJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Muhammad Iqbal

Abstract

Program Sekolah Penggerak (PSP) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), telah diterapkan secara bertahap sejak tahun pelajaran 2021/2022. Di bawah naungan Kemendikbudristek, setiap sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), baik negeri maupun swasta, secara kolaboratif merancang Modul Ajar mereka. Salah satu mitra yang terlibat dalam upaya ini adalah TK N Pembina Kutacane, yang menghadapi tantangan kurangnya pemahaman tentang panduan penyusunan Modul Ajar menggunakan pedoman pengembangan kurikulum merdeka. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Modul Ajar sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Pendekatan yang digunakan meliputi pendampingan tatap muka terhadap sekolah mitra. Dengan hasil dari kegiatan ini, telah berhasil dihasilkan dokumen Modul Ajar yang sesuai dengan pedoman kurikulum merdeka.

Article Details

How to Cite
Iqbal, M. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN MODUL AJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 136–143. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.845
Section
Articles
Author Biography

Muhammad Iqbal, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Indonesia

References

Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., Ismulyati, S., ... & Sufriadi, D. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.

Atma Murni, Armis, Rini Dian Anggraini, Susda Heleni, S. N. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru-Guru SMP/ MTs matematika Bengkalis. 2(12), 31–41.

Hariani, lilik S., Andayani, E., & Ain, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–60.

I Wayan Sumandya, I Komang Sukendra, Made Irma Suryani, & Dwi Prinicila Pramesuari. (2022). Pkm. Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1964

Maudyna, I. E., Roesminingsih, E., & Karwanto. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Edukasia, 4(1), 637–648. http://jurnaledukasia.org

Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Ibrahim, I., Sudarwo, R., Anam, K., Herianto, A., Mahsup, M., Setiawan, I., & Khosiah, K. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru Di Sdn 1 Jeringo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2186. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17475

Mukhlishina, I., Danawati, M., & Wijayaningputri. Arinta. (2023). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi KurikulumMerdeka pada Siswa Kelas IV di Sekola Indonesia KualaLumpur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 126–133.

Miqawati, A. H., Wijayanti, F., Zuhro, C., Budi, A. S., & Susanti, N. (2023). Pendampingan Penyusunan Modul Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Kompetensi Kerja untuk Front Office Perhotelan. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 120–124. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.260

Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103

Nugraheni, D., Siswanti, H., Ivet, U., Merdeka, K., & Penggerak, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SD Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 6, 53–61.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Riki, Rina, Dadi Akhmad Perdana, Julianti, M., Firdiyansyah, I., & Hendriati, Y. (2023). Pengembangan Kompetensi Dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System Untuk Meningkatkan Peran Dosen Dalam Mendorong Mahasiswa Untuk Belajar. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.253

Satria, R., Adiprima, P., & Wulan, Kandi Sekar, D. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137. 1

Sufriadi, D., Agustina, Y., Zakaria, Z., & Hamid, A. (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492-2500.

Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 609-613.

Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5.