KURIKULUM CINTA DAN DEEP LEARNING UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM EKOSISTEM RELIGIUS, KRITIS DAN ADAPTIF
Main Article Content
Abstract
Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui penerapan Kurikulum Cinta dan pendekatan deep learning dalam membangun ekosistem pendidikan yang religius, kritis, dan adaptif. Kurikulum Cinta menekankan pentingnya nilai kasih sayang, empati, dan spiritualitas dalam proses pembelajaran. Sementara itu, deep learning dikembangkan melalui tiga prinsip utama, yaitu meaningful, mindful, dan joyful learning. Pelatihan dilaksanakan secara kolaboratif dengan pendekatan participatory action learning yang melibatkan guru sebagai subjek aktif dalam proses refleksi, diskusi, dan perancangan pembelajaran. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan, kesadaran, serta keterampilan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai afektif dan spiritual ke dalam rencana dan praktik pembelajaran mereka. Selain itu, pelatihan ini memunculkan perubahan sikap guru terhadap peran pendidik sebagai figur yang mendidik dengan cinta dan kesadaran penuh. Program ini membuktikan bahwa transformasi pendidikan tidak hanya dapat dicapai melalui inovasi teknologi, tetapi juga dengan pendekatan humanistik yang menyentuh ranah hati dan karakter. Kegiatan ini menjadi model pemberdayaan guru yang dapat direplikasi di berbagai konteks pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hafidzhoh, K. A. M., Madani, N. N., Aulia, Z., & Setiabudi, D. (2023). Belajar bermakna (Meaningful learning) pada pembelajaran tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390-397. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1142
Aston, K. J. (2024). ‘Why is this hard, to have critical thinking?’Exploring the factors affecting critical thinking with international higher education students. Active Learning in Higher Education, 25(3), 537-550. https://doi.org/10.1177/14697874231168341
Henriksen, D., Richardson, C., & Shack, K. (2020). Mindfulness and creativity: Implications for thinking and learning. Thinking skills and creativity, 37, 100689. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100689
Kenett, Y. N., Humphries, S., & Chatterjee, A. (2023). A thirst for knowledge: Grounding curiosity, creativity, and aesthetics in memory and reward neural systems. Creativity Research Journal, 35(3), 412-426. https://doi.org/10.1080/10400419.2023.2165748
Puspayanti, A., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Konsep Tri Hita Karana untuk pengembangan budaya harmoni melalui pendidikan karakter. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1). https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.314
Kharisma, N., Septiani, D. E., & Suryaningsih, F. (2025). Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1895-1905. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1462
Mulyanto, A., Supriatna, N., Erawati, E. R., Heryati, T., & Mulyanah, U. (2025). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Deep Learning di SMPN 3 Margahayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(3). https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/1653
Dewi, A. R., Maily, M. E. W., Safitri, F. N. C., Zaitunnah, P. N., Mala, Z. L., & Suttrisno, S. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran MI Tinjauan Literatur Dalam Meaningful Learning Mindful Learning dan Joyful Learning. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 10(2), 584-592. https://doi.org/10.34125/jkps.v10i2.580
Nurhidayati, N., Pangestika, R. R., Purwanto, J., Hadi, I. S., & Cahyani, R. D. (2025). Strategi Inovatif Pembelajaran Mendalam: Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Solusi Bersama: Jurnal Pengabdian dan Kesejahteraan Masyarakat, 2(2), 11-21. https://doi.org/10.62951/solusibersama.v2i2.1363
Nadawina, N., Jaya, A., Ramadhanti, D., Imronudin, I., Fatchiatuzahro, F., Halim, A., & Jati, G. P. R. S. (2025). Penerapan Pembelajaran Deep Learning dalam Pendidikan di Indonesia. Star Digital Publishing.
Islami, F. (2021). Kajian literatur model pembelajaran bermakna (Meaningful Learning). https://doi.org/10.31219/osf.io/dm284
Khoerunnisa, A. S., Suharna, A., Sholehah, A. F., Nuraeni, A., & Tarsono, T. (2024). Pendidikan Bermakna: Solusi Kejenuhan dalam Kegiatan Pembelajaran. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 4448-4461. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15400
Fatmawaty, F. (2024). Deep Learning: Sebuah Pendekatan untuk Pembelajaran Bermakna. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 71-85. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i1.2121
Ifendi, M. (2025). Kurikulum Cinta: Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Kasih Sayang di Madrasah. As-Sulthan Journal of Education, 1(4), 698-71. https://ojssulthan.com/asje/article/view/114
Koto, M. K., Hasibuan, E. K., Sandi, R. R., Siregar, A. S. B., & Darlis, A. (2025). Pendidikan Islam dan Kurikulum Cinta. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(8), 3278-3287.