MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Main Article Content

Nur Ainun
Jalaluddin
Khairul Asri
Yenni Agustina
Cut Nurul Fahmi
Indah Suryawati
Irwan
Sri Ismulyati
Azwir
Edi Azwar
Muhammad Azzarkasyi
Eli Nurliza
Septhia Irnanda
Dedi Sufriadi
Mukhtasar
Zakaria

Abstract

Literasi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kemampuan literasi meliputi seluruh keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajaran, kemampuan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran yang produktif dikarenakan dengan kemampuan literasi yang baik siswa memiliki daya serap yang baik terhadap informasi yang diperolehnya sehingga dapat menghasilkan gagasan  dan karya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 di MAN 2 Aceh Besar melibatkan guru dan siswa MAN 2 Aceh Besar, mahasiswa serta Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Dosen dan staff Universitas Serambi Mekkah dan Delegasi HMJ selingkupan FKIP Universitas Serambi Mekkah. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan secara langsung/ kunjungan lapangan ke sekolah yang meliputi workshop penulisan karya ilmiah, Mahasiswa Mengajar dan penanaman pohon bersama dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian terlaksana dengan lancar, tertib dan sukses dibuktikan dengan animo peserta yang berhadir tidak hanya dari Prodi Pendidikan Matematika juga dari Prodi yang lain selingkupan institusi Universitas Serambi Mekkah, juga sambutan yang sangat meriah dan antusias dari siswa dan guru-guru MAN 2 Aceh Besar yang sangat fokus dan berperan aktif dalam pelaksanaan pengabdian ini.

Article Details

How to Cite
Nur Ainun, Jalaluddin, Khairul Asri, Yenni Agustina, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Sri Ismulyati, Azwir, Edi Azwar, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Dedi Sufriadi, Mukhtasar, & Zakaria. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.586
Section
Articles
Author Biographies

Nur Ainun, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Jalaluddin, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Penjaskesrek FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Khairul Asri, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Yenni Agustina, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Cut Nurul Fahmi, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Indah Suryawati, Universitas Serambi Mekkah

Prodi PGSD FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Irwan, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Sri Ismulyati, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Azwir, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Edi Azwar, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Penjaskesrek FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Muhammad Azzarkasyi, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Eli Nurliza, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Septhia Irnanda, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Dedi Sufriadi, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Mukhtasar, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

Zakaria, Universitas Serambi Mekkah

Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh Provinsi Aceh

References

Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2022). Pemanfaatan Google Form untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Innovative: Journal of Social Science Research, 2(2), 58-62.

Sufriadi, D., Agustina, Y., Zakaria, Z., & Hamid, A. (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492-2500.

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60.

Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5

Most read articles by the same author(s)