MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
Main Article Content
Abstract
Literasi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kemampuan literasi meliputi seluruh keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajaran, kemampuan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran yang produktif dikarenakan dengan kemampuan literasi yang baik siswa memiliki daya serap yang baik terhadap informasi yang diperolehnya sehingga dapat menghasilkan gagasan dan karya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 di MAN 2 Aceh Besar melibatkan guru dan siswa MAN 2 Aceh Besar, mahasiswa serta Dosen Prodi Pendidikan Matematika, Dosen dan staff Universitas Serambi Mekkah dan Delegasi HMJ selingkupan FKIP Universitas Serambi Mekkah. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan secara langsung/ kunjungan lapangan ke sekolah yang meliputi workshop penulisan karya ilmiah, Mahasiswa Mengajar dan penanaman pohon bersama dosen dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian terlaksana dengan lancar, tertib dan sukses dibuktikan dengan animo peserta yang berhadir tidak hanya dari Prodi Pendidikan Matematika juga dari Prodi yang lain selingkupan institusi Universitas Serambi Mekkah, juga sambutan yang sangat meriah dan antusias dari siswa dan guru-guru MAN 2 Aceh Besar yang sangat fokus dan berperan aktif dalam pelaksanaan pengabdian ini.
Article Details
References
Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).
Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2022). Pemanfaatan Google Form untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Innovative: Journal of Social Science Research, 2(2), 58-62.
Sufriadi, D., Agustina, Y., Zakaria, Z., & Hamid, A. (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492-2500.
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60.
Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5