PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Main Article Content

Zaid Zainal
Naufal Qadri Syarif
Wawan Krismanto
Yonathan
Ritha Tuken

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menuntut guru untuk mengembangkan metode penilaian yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz sebagai media penilaian berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Polewali Mandar dalam membuat instrumen penilaian berbasis Kurikulum Merdeka menggunakan aplikasi Quizizz. Dengan adanya instrumen penilaian berbasis teknologi, diharapkan proses penilaian dapat berlangsung lebih efektif dan menarik bagi siswa. Kegiatan ini dilaksanakan melalui workshop dan pendampingan langsung kepada guru. Workshop dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan aplikasi Quizizz dan prinsip-prinsip penilaian yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, tim pengabdian masyarakat melakukan pendampingan kepada guru dalam menyusun instrumen penilaian menggunakan Quizizz yang mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Hasil yang terukur dari kegiatan ini adalah terciptanya instrumen penilaian berbasis Kurikulum Merdeka menggunakan aplikasi Quizizz yang lengkap dan siap digunakan oleh guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Polewali Mandar. Instrumen penilaian tersebut mencakup penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif yang disajikan dalam bentuk kuis interaktif dan menarik. Dengan adanya instrumen penilaian berbasis teknologi ini, guru dapat melaksanakan penilaian secara lebih efektif, objektif, dan menarik bagi siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat diukur dengan lebih akurat dan bermakna.

Article Details

How to Cite
Zainal, Z., Syarif, N. Q., Krismanto, W., Yonathan, & Tuken, R. (2024). PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 182–189. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1667
Section
Articles
Author Biographies

Zaid Zainal, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Naufal Qadri Syarif, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Wawan Krismanto, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Yonathan, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

Ritha Tuken, Universitas Negeri Makassar

Program Studi PGSD, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar

References

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2249

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25), 6.

https://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8.

https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13811

Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 32.

https://www.researchgate.net/publication/333086064_RANCANGAN_PENGEMBANGAN_INSTRUMEN_PENILAIAN_PEMBELAJARAN_BERBASIS_DARING

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz”. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 107.

https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/36997

Kinanti, M. D., & Subagio, F. M. (2020). Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(3), 539–548.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35318

Prima M, S. & Husnin N, Y. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi, Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/download/1028/851

Putri, N. W., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Bantuan Aplikasi “Quizizz” Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Jurusan BDP Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 985–991.

https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35985

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66.

https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Saragih, R., Simamora, Y., Siswadi, S., & Matondang, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz dan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 493-500.

http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1226

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 362–368. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/335

Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz” as a Learning Media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.23359

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37