MENUMBUHKAN MINAT BACA DI ERA DIGITAL: IMPLEMENTASI RUANG BACA DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK

Main Article Content

Sri Sundari
Etiyasningsih
Wahyu Ivana Wahyu Ivana
Pipit Dwi Anggraini

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi pengembangan literasi dan minat baca siswa di era digital melalui pengintegrasian ruang baca di MTs Modern Al-Huda Wringinanom Gresik, dengan dukungan kuat dari Universitas Gresik. Kegiatan ini melibatkan berbagai stakeholder, termasuk kepala sekolah, guru wali kelas, dan siswa-siswi dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang merangsang minat baca. Ruang baca dilengkapi dengan koleksi bahan bacaan yang beragam, baik dalam bentuk fisik maupun digital, sehingga siswa memiliki akses yang lebih luas terhadap informasi dan pengetahuan. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi peningkatan keterampilan membaca dan pemahaman siswa terhadap berbagai topik. Hasil dari penelitian menunjukkan dampak positif, termasuk peningkatan minat baca siswa dan pembentukan komunitas pembaca yang solid di lingkungan sekolah. Keberhasilan program ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang erat antara MTs Modern Al-Huda Wringinanom Gresik dan Universitas Gresik. Kegiatan Pengabdian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat literasi di kalangan siswa dan memajukan pembangunan pendidikan di era digital. 

Article Details

How to Cite
Sundari, S., Etiyasningsih, Wahyu Ivana, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). MENUMBUHKAN MINAT BACA DI ERA DIGITAL: IMPLEMENTASI RUANG BACA DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 77–81. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1575
Section
Articles
Author Biographies

Sri Sundari, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Etiyasningsih, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Wahyu Ivana Wahyu Ivana, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Pipit Dwi Anggraini, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

References

Ade Rukmana dan Asep Suryana, (2006), Pengelolaan Kelas, Bandung : UPI PRESS, 2006, hlm.29

Badrudin. 2014, Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, R., & Kurniawan, K. (2020). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 439-442).

https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1587

https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/3

https://pssh.umsida.ac.id/index.php/pssh/article/view/136/145

Isnaini., Safruddin., & Setiawan, H. (2021). Korelasi Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Seteluk. Jurnal ilmiah Mandala Education, 7(4), 222-228.

Mahmur., Hasbullah., & Masrin (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 169-184.

Mauludin, R., & Cahyani, I. (2018). Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis. Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa XII (pp. 1273-1281).

Yesifa, Hesti K. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponogoro (Skripsi), IAIN Ponorogo, Indonesia