PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK

Main Article Content

Etiyasningsih
Sri Sundari
Wahyu Ivana Sagiokta
Pipit Dwi Anggraini

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter di MTS Modern Al-Huda Wringinanom Gresik merupakan langkah strategis dalam membentuk generasi masa depan yang unggul secara moral dan intelektual. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang kuat kepada peserta didik, sehingga mereka menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Melalui metode pelaksanaan yang holistik, program ini melibatkan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta memanfaatkan dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk pengelola, pendidik, orang tua, dan masyarakat sekitar. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini mencakup peningkatan pemahaman dan penerapan nilai-nilai karakter, perubahan sikap dan perilaku yang positif, serta pembentukan komunitas pembelajaran karakter yang solid. Selain itu, program ini juga diharapkan memberikan dampak jangka panjang dalam pembentukan kepribadian peserta didik, sehingga mereka mampu membawa perubahan positif dalam masyarakat di masa depan. Dengan demikian, Penguatan Pendidikan Karakter di MTS Modern Al-Huda Wringinanom Gresik bukan hanya sekedar program pendidikan, tetapi juga merupakan investasi dalam pembangunan moral dan etika generasi mendatang.

Article Details

How to Cite
Etiyasningsih, Sundari, S., Sagiokta, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1574
Section
Articles
Author Biographies

Etiyasningsih, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Sri Sundari, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Wahyu Ivana Sagiokta, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Pipit Dwi Anggraini, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

References

Ade Rukmana, A., & Suryana, A. (2006). Suhardi. (2024). PKM Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Madiun. Universitas Doktor Nugroho Magetan.

MTSS MODERN AL HUDA - Data Sekolah. (2021). Data Sekolah.

Saputra, B. (2020). Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Modern Al-Huda Wringin Anom, Gresik. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 23-34.

Yulianto, D. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Modern Al-Huda Wringin Anom, Gresik. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 109-120.

Hidayat, A. (2018). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Modern Al-Huda Wringin Anom, Gresik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 67-78.

Sulistyo, B. (2016). Analisis Kebutuhan Program Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Modern Al-Huda Wringin Anom, Gresik. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 23-34.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Ryan, K., & Bohlin, K. E. (1999). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey-Bass.

Yohana, Yoyok Cahyono, Rahmawati, A., Bambang Eko Prabowo, Ivan Selly Dewantara, Muhamad Yusuf Firdaus, Rizqi Oktara Dievanda, Siti Muktiana Haelani, & Tesyya Nopita Rafles. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PELATIHAN SOSIAL KEPADA ANAK PANTI DI YAYASAN BAITUL YATIM H. CAONG . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 144–150. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.896