Implementasi Pendidikan Pancasila di Kalangan Mahasiswa: Membangun Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi berperan krusial dalam membentuk karakter kebangsaan mahasiswa di tengah derasnya arus globalisasi. Pancasila, sebagai ideologi negara, menawarkan nilai-nilai luhur yang dapat menjadi pedoman hidup. Dalam era yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan pertukaran budaya yang cepat, nilai-nilai Pancasila menjadi benteng pertahanan terhadap pengaruh negatif globalisasi seperti individualisme dan materialisme. Pendidikan Pancasila tidak hanya diajarkan di kelas, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan, seperti kurangnya rasa cinta tanah air pada sebagian mahasiswa. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan upaya komprehensif dalam implementasi Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi. Hal ini mencakup penguatan kurikulum, penggunaan metode pengajaran yang inovatif, dan penciptaan lingkungan akademik yang mendukung. Dengan demikian, diharapkan Pendidikan Pancasila dapat menjadi fondasi yang kuat bagi mahasiswa untuk menjadi warga negara yang baik dan berkontribusi pada pembangunan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam implementasi Pendidikan Pancasila dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan pendidikan karakter di Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alya Alya, Dina Handayani, Dyana Lestari Harefa, Hannyfa Amira Salwa, Melany Putri, Muethia Arifah, Nia Damai Putri, & Fazli Rachman. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Globalisasi Saat Ini. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 62–71.
Eka Sesilia, Maharani Satya Nadana, Dinda Dwi Azzahra, Ilham Hudi, Mutiara Dwi Pangestika, Nurun Nisak, Syahla Nabila, & Ferdi Jibril. (2024). Peran Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1–5.
Fiona Indah Setia Putri, & Keisha Mumtaz Tsabita Adam. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa Indonesia. Indigenous Knowledge, 1(2), 6–16.
Yayang Furi Furnamasari, Ajeng Adistya Putri, Dinda Nur Syamsiah, Ifah Amanatin, Kayla Rahma Mufidah, Linda Dwi Ayuni Afifah, Rendi Herman Syahroni, Rina Rahayu, & Shiva Aqila Zikri. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa: Suatu Upaya Membangun Etika Dan Moral. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2194–2204.
Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Sesilia, E., Satya, M., Nadana, N., Azzahra, D. D., Hudi, I., Pangestika, M. D., Nisak, N., Nabila, S., & Jibril, F. (2024). Peran Pendidikan Pancasila di era globalisasi dalam pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 2012-2016.
Furnamasari, Y. F., Putri, A. A., Syamsiah, D. N., Amanatin, I., Mufidah, K. R., Afifah, L. D. A., Syahroni, R. H., Rahayu, R., & Zikri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter mahasiswa: Suatu upaya membangun etika dan moral. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2194-2204.
Mnune, O. P. D., & Saingo, Y. A. (2023). Karakter jujur sebagai aktualisasi nilai Pancasila. Metta: Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(4), 2097–210.