Peran Pendidikan dalam Menguatkan Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda
Main Article Content
Abstract
Artikel ini mengkaji bagaimana pendidikan dapat membantu generasi muda menanamkan nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dapat diperkuat melalui pembelajaran formal dan informal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencantuman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler, kurikulum dan proyek pembangunan karakter secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda terhadap nilai-nilai tersebut. Berdasarkan Pancasila, hasil penelitian ini menyoroti pentingnya peran pendidikan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparman. 2012. Pancasila, Jakarta: PT Balai Pustaka.
Nurwasantari. 2019. Pendidikan Pancasila (Membangun Karakter Bangsa), Yogyakarta: Penerbit Deepublish