Peran Pendidikan dalam Menguatkan Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda

Main Article Content

Azizah Rahma Vadila
Meychel Salsabila
Wakhdah Alisa Berliana Putri
Laily Mahmudah
Ari Metalin Ika Puspita

Abstract

Artikel ini mengkaji bagaimana pendidikan dapat membantu generasi muda menanamkan nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dapat diperkuat melalui pembelajaran formal dan informal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencantuman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler, kurikulum dan proyek pembangunan karakter secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda terhadap nilai-nilai tersebut. Berdasarkan Pancasila, hasil penelitian ini menyoroti pentingnya peran pendidikan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa.

Article Details

How to Cite
Rahma Vadila, A., Salsabila, M., Alisa Berliana Putri, W., Mahmudah, L., & Ika Puspita, A. M. (2024). Peran Pendidikan dalam Menguatkan Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Muda. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 661–665. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1708
Section
Articles
Author Biographies

Azizah Rahma Vadila, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Meychel Salsabila, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Wakhdah Alisa Berliana Putri, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Laily Mahmudah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Ari Metalin Ika Puspita, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparman. 2012. Pancasila, Jakarta: PT Balai Pustaka.

Nurwasantari. 2019. Pendidikan Pancasila (Membangun Karakter Bangsa), Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Most read articles by the same author(s)