Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
Main Article Content
Abstract
The development of character which is marked by changing times has led to awareness towards the decline in the application of Pancasila values as students in everyday life. This research aims to assess how important it is to implement Pancasila values in daily life. This research is aimed at students at Surabaya State University. Observation results show that students are active in playing out the 5 values of Pancasila through daily activities in social, religious, deliberative and just life. However, there are obstacles due to the progress of the times which makes the author observe the development of the character of Pancasila values in Surabaya State University students.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, N. Q., & Dewi, D. A. (2022). Sistem Etika Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11120-11125.
Budi, A. &. (2022). Pengaruh nilai-nilai Pancasila terhadap perilaku mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1) 45-56.
Bahrudin, F. A. (2020). Peran Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum dalam Mengembangkan Kepribadian Mahasiswa yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 3(1), 49-66.
Darmadi, H. (2023). Tantangan implementasi Pancasila dalam pendidikan tinggi. Jurnal Civitas Akademika, 11(3), 78-90.
Fadhila, H. L. N., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.
Hariyanto. (2021) ‘Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa’ Jurnal inovasi penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.Sumber ( https://journal.appisi.or.id/index.php/risoma/article/download/86/112/419 )
Lubis, D. A., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5).
Marinasari Fithry Hasibuan, S.Ag,M.Pd (2013). Efektivitas pengelolaan kelas dalam membentuk karakter bangsa pada peserta didik. Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Medan. Dalam http://sumut.kemenag.go.id/tanggal 08/01/2025.
Nugroho, S., & Anisa, R. (2020). "Pancasila dan Pendidikan Multikultural". Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 5(4), 155-172. Sumber: [https://sinta.kemdikbud.go.id/journal/detail/78910].
Nuraini, L. (2021). Pancasila sebagai panduan etika generasi muda: Sebuah analisis kritis. Jurnal Etika Sosial dan Politik, 7(2), 123-134.
Prasetio, T. A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Pendidikan Pancasila pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8638-8643.
Susanti, Dian. 2013. Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kegiatan PKK di Desa Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Fakultas Ilmu Sosial : Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 20 Februari 2017, 19.18
Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3).
Warsono. 2016. PANCASILA-ISME DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN. Surabaya : Unesa University Press
Wibowo, K. A., & Najicha, F. U. (2022). Aktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 22-31.