Implementasi Nilai-Nilai Pancasila oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya
Main Article Content
Abstract
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan arah hidup bangsa Indonesia memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan integritas bangsa. Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan mampu untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan masyarakat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran dan implementasi nilai-nilai Pancasila oleh mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya di lingkungan masyarakat sebagai bakal hidup kedepannya. Metode penelitiannya yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa mahasiswa telah menerapkan nilai-nilai Pancasila melalui beberapa kegiatan seperti gotong royong, bermusyawah, ikut andil dalam berpartisipasi di kegiatan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan penguatan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi serta melibatkan mahasiswa dalama menjalankan program pengabdian masyarakat. Degan demikian, nilai-nilai Pancasila dapat terus dilestarikan dan diinternalisasi dalam kehidupan masyarakat serta berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang harmonis dan berkeadilan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fadhila, H. I. N., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.
Nurafifah, W., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganega-raan, 1(4), 98-104.
Hakim, A., Salsabilah, L., Novianti, S. D., Zharfan, M. S., & Supriyono, S. (2024). Implementasi Pan-casila Sila Ketiga Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1919-1927.
Karmelia, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa. Jurnal Lex Justitia, 2(1).
Sidjabat, B. S. (2021). Membangun pribadi unggul: suatu pendekatan teologis terhadap pendidikan karak-ter. PBMR ANDI.
Adha, M. M., Perdana, D. R., & Supriyono, S. (2021). Nilai pluralistik: Eksistensi jatidiri bangsa indone-sia dilandasi aktualisasi penguatan identitas nasional. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 10–20.
Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10-16.
Widodo, S. T. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi Dan Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi. Jurnal Proresif UNS.
Rahmawati, A., Adly, E., & Fidelia, F (2021). Perancangan Pembangunan Poskamling untuk Keamanan & Pemantauan Covid 19 di Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman.
Rubeâ, M. A. (2018). Implementasi Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan pada Mahasiswa Program Studi PPKn Ikip PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Siswantoro, M. I. (2023). Penerapan Nilai–Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 2 Trenggalek. Jurnal Civic Hukum, 8(2).
Mulyatno, C. B., & Yosafat, Y. (2022). Praktik Bergotong-Royong dalam Hidup Bermasyarakat Sebagai Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4624-4634.
Karmelia, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa. Jurnal Lex Justitia, 2(1).
Anita, A., Putri, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), 135-147.
Husni, A. N., Amalia, A., Munatunnisa, H., Saputri, N. W., & Widyaningsih, S. (2024). Pancasila sebagai Fondasi Etika dalam Pelayanan Kesehatan di Indonesia. MARAS: Jurnal Penelitian Multidi-siplin, 2(1), 101-107.
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687.
Kurniastuti, R., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022, August). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In Seminar Nasional SosialSains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 445-451).
Laia, B. (2022). Sosialisasi dampak kegiatan kuliah kerja nyata di desa (studi: Desa Sirofi). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.
Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi mahasiswa sebagai agent of change dalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pan-casila dan Kewarganegaraan, 2(3), 96-101.
Suharno, S. (2020). Urgensi Revitalisasi Pancasila dalam Membangun Karakter Kebangsaan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 23-33.
Ukhra, S. N., & Zulihafnani, Z. (2021). Konsep Persatuan dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Pancasila Sila Ketiga. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 6(1), 111.
Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila sebagai dasar negara. Jurnal kewarga-negaraan, 5(1), 6-12.
Fatimah, F., Sarbaini, S., & Fahlevi, R. (2021). Sosialisasi Level Kewarganegaraan Lingkungan Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa Prodi PPKn FKIP ULM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-6