Pengaruh Kepercayaan Diri dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Perkantoran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri dan minat belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris Perkantoran di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik kepercayaan diri maupun minat belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian ini valid dan reliabel, memastikan bahwa setiap indikator mampu mengukur variabel dengan baik. Uji asumsi klasik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, menunjukkan bahwa data memenuhi syarat untuk analisis regresi. Hasil uji t menunjukkan bahwa kepercayaan diri (X1) dan minat belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y), dengan nilai signifikansi masing-masing 0,004 dan 0,001. Selain itu, hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang menegaskan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,72 mengindikasikan bahwa 72% variasi pada motivasi belajar dapat dijelaskan oleh kepercayaan diri dan minat belajar. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui peningkatan kepercayaan diri dan minat belajar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Citra, F. Y., Willis Firmansyah, Sobrul Laeli, & Safari, Y. (2023). PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SD NEGERI CITEUREUP 05. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(3). https://doi.org/10.30997/alkaff.v1i3.8714
Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA, 2(1), 43-52.
Fitra Herawati, Retno Purwani, & Ratnasari, F. . (2021). HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA-SISWI DI MA AL-ISTIQOMAH KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2020. Nusantara Hasana Journal, 1(2), 46–55. https://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/49
Indrawati, F., & Hartati, L. (2019). Analisis Kemampuan Awal Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), hlm. 51-62.
Kompri. 2019. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mahatma Agung, I. G. A., Skolastika, I. M. P., & Widiantara, D. S. M. (2022). Peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris bagi siswa SMA dan SMK melalui program “Mengabdi Padamu Negeri.” Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(4), 3064-3075. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9378
Mayasari, I., Eryanto, A., & Wulandari, D. (2023). MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR: STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PARALEL DI MASA PANDEMI COVID-19. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 14(02).
Munibi, A. Z. (2023). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 691-698.
Nurfa, Karsadi, & Wa Ode Reni. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PPKn kelas VIII (Studi di SMPN 2 Sampolawa Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan). SELAMI IPS, 12(1), 507. https://journal.unnes.ac.id/journals/selami_ips/article/view/507
Perdana, F. J. (2019). Pentingnya kepercayaan diri dan motivasi sosial dalam keaktifan mengikuti proses kegiatan belajar. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2).
Putri, E. L., & Tusyanah. (2024). Pengaruh motivasi belajar dan kreativitas melalui kemandirian belajar sebagai variabel mediasi terhadap hasil belajar korespondensi mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2022 Universitas Negeri Semarang. Business and Accounting Education Journal, 5(2), 252–269. https://doi.org/10.15294/baej.v5i2.11395
Putri, S. O., & Wijayanti, N. S. (2018). Faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 155-164.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.
Sulistiyowati Sulistiyowati, S. S., & Indrawati Endang Sri, I. E. S. (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMAIN FUTSAL UNIVERSITAS DIPONEGORO (Doctoral dissertation, UNDIP).
Uno, H.B.(2010). Teori motivasi & pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wulansari, Indah Nur. 2018. “Hubungan kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga”. Tugas Akhir. Pembimbing I : Umbu Tagela. Pembimbing II : Sapto Irawan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga