Pengaruh Aktivitas Volunteer dan Pengelolaan Waktu Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas volunteer dan pengelolaan waktu terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Aktivitas volunteer dianggap mampu mengembangkan keterampilan praktis dan soft skills mahasiswa, sementara pengelolaan waktu yang baik diharapkan membantu mahasiswa menyeimbangkan antara tuntutan akademik dan non-akademik, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap hasil belajar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa dan dianalisis menggunakan berbagai uji statistik, termasuk Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik aktivitas volunteer maupun pengelolaan waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Uji-t menunjukkan pengaruh signifikan dari masing-masing variabel, sementara uji F dan koefisien determinasi (R² sebesar 0,707) menunjukkan bahwa kedua variabel secara bersama-sama berkontribusi sebesar 70,7% terhadap variasi hasil belajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa keterlibatan dalam aktivitas volunteer dan pengelolaan waktu yang efektif sangat penting dalam menunjang pencapaian akademik mahasiswa. Oleh karena itu, universitas diharapkan dapat mempertimbangkan program-program pengembangan yang menyeimbangkan kegiatan akademik dan non-akademik guna mengoptimalkan potensi mahasiswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bahra, A., & Setiawan, M. S. (2019). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Journal Educational of Nursing (JEN), 2(2), 50-55.
Ginanjar, T. (2017). How volunteering helps students to develop soft skills. International Review of Education / Internationale Zeitschrift Für Erziehungswissenschaft / Revue Internationale de l’Education, 63(3), 363–379. http://www.jstor.org/stable/44980106
Hatmanti, N. M., & Septianingrum, Y. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing). doi: 10.33023/jikep.v5i1.217
Haryanti, A., & Santoso, R. (2020). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 41-47.
Ocvitasari, A., Widiasi, D. E., & Firmansyah, M. (2020). Analisis Faktor Kesiapan Akademik Terkait Orientasi Motivasi Berprestasi, M-Score dan Kegiatan Non Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine), 8(2).
Ramadhan, R., & Eliyen, K. (2022). Implementasi Metode Topsis Pada Decision Support System Untuk Penilaian Mahasiswa Berbasis Prestasi Akademik Dan Non Akademik. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 7(2), 156-163. https://doi.org/10.36341/rabit.v7i2.2470
Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1880–1889.