SOSIALISASI SIKAP DAN PEMILIHAN BAHASA PADA MASYARAKAT TAMAN BACA
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini menginvestigasi dampak sosialisasi sikap dan pemilihan bahasa pada masyarakat taman baca. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, merubah sikap terhadap bahasa, dan mendorong pemilihan bahasa yang inklusif. Hasil evaluasi menunjukkan perubahan positif dalam sikap dan pemilihan bahasa, menggambarkan efektivitas program dalam membentuk masyarakat yang lebih literat dan terbuka terhadap keanekaragaman bahasa. Pembentukan komunitas pembelajar juga teramati, menandakan dampak jangka panjang dari sosialisasi. Kesimpulan menyoroti perlunya pengembangan program berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan perubahan positif ini dalam masyarakat taman baca
Article Details
References
Amran, M., Muhammad Irfan, Muslimin, & Lukman Ali. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.82
Dewi, R. K., Novi Sriwulandari, & Nila Khoirina Rofidah. (2024). KELAS LITERASI PENGENALAN TOEFL (TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE) BAGI SISWA TINGKAT SMA SEDERAJAT. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 101–105. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.819
Dwiyantoro, D. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19–32.
Haklev, S. (2008). Mencerdaskan Bangsa Suatu Pertanyaan Fenomena Taman Bacaan di Indonesia. Stian Håklev.
Husni, I., & Restu Prana Ilahi. (2023). Peningkatan Pemikiran Kritis Siswa SMAN 1 Plus Matauli Pandan melalui Pendekatan Pembelajaran Sejarah. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.244
Iqbal, M. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN MODUL AJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 136–143. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.845
Ir. Enny Karnawati, M. S. (2014, June 3). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan. Https://Diklat.Semarangkota.Go.Id/Post/Partisipasi-Masyarakat-Dalam-Pembangunan-Ir-Enny-Karnawati-Msi.
Nur Ainun, Jalaluddin, Khairul Asri, Yenni Agustina, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Sri Ismulyati, Azwir, Edi Azwar, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Dedi Sufriadi, Mukhtasar, & Zakaria. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.586
Ramadhoni, S. R., & Ria Maharani. (2023). Penerapan Konsep Building Learning Power untuk Pendidikan Karakter . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.239
Sufriadi, D., Agustina, Y. ., Zakaria, Z., & Hamid, A. . (2022). Kesiapan Mahasiswa Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2492–2500. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.995
Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 609–613. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.122
Wulandari, D., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Kegiatan Pekan Budaya dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air di Sekolah Intercultural. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 364–376.
Yuliyanto, Y., & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(4), 377–386.
Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161