PELATIHAN BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN MARKETPLACE TOKOPEDIA BAGI DASAWISMA RW. 11 KELURAHAN CIPINANG MELAYU

Main Article Content

Elly Agustina Julisawati
Fivtatianti Hendajani
Kokoy Rokoyah
Hurnaningsih
Agustina Nicke Kakiay
Wigiyanti
Amelia Nugraeni

Abstract

Pelatihan Bisnis Online menggunakan Marketplace Tokopedia bagi Dasawisma RW. 11 Kelurahan Cipinang Melayu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota Dasawisma dalam menjalankan bisnis online melalui platform Tokopedia. Melalui sesi-sesi interaktif, peserta diberdayakan untuk membuat dan mengelola toko online, mengimplementasikan strategi pemasaran digital, dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep bisnis online, keterampilan teknologi, dan dampak positif pada pendapatan usaha Dasawisma. Pelatihan ini juga memberikan kontribusi pada pemberdayaan ekonomi lokal dan memperkuat partisipasi komunitas dalam ekosistem bisnis digital.

Article Details

How to Cite
Julisawati, E. A., Fivtatianti Hendajani, Kokoy Rokoyah, Hurnaningsih, Agustina Nicke Kakiay, Wigiyanti, & Amelia Nugraeni. (2024). PELATIHAN BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN MARKETPLACE TOKOPEDIA BAGI DASAWISMA RW. 11 KELURAHAN CIPINANG MELAYU . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 96–100. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.848
Section
Articles
Author Biographies

Elly Agustina Julisawati, STMIK Jakarta STI&K

Program Studi Sistem Informasi, STMIK Jakarta STI&K

Fivtatianti Hendajani, STMIK Jakarta STI&K

Program Studi Sistem Komputer,STMIK Jakarta STI&K

Kokoy Rokoyah, STMIK Jakarta STI&K

Program Studi Sistem Informasi, STMIK Jakarta STI&K

Hurnaningsih, Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Agustina Nicke Kakiay, Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Wigiyanti, Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Amelia Nugraeni, Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

References

Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., Mutia, R., Ambartiasari, G., Mutia, D., & Sufriadi, D. (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN: MENUMBUHKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP GENERASI Z DI ERA KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 21-26.

Amir, F. (2023). Model Pembelajaran pada Pelatihan Servis Mesin Katinting. SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, 1, 535–542.

Bohan, D., Febby Haryanti, Kurnia Allya Suci, Okky Maulana Chandra, Widya Ayu Lestari, Abraham Batubara, Yohana, S.E., M.Si, C.A.P, & Temmy Setiawan, S.E., M.Si. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita – Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.265

Fahira, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Teknologi Digital terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus Wilayah Asia Tenggara Tahun 2010-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Fai. (2023, December 18). Ekonomi Digital Indonesia. Https://Umsu.Ac.Id/Berita/Ekonomi-Digital-Indonesia/.

Fajriatin, P., & Muhajirin. (2023). Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tiktok Shop d Kota Bima. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.1451

Nabila, R. (2023). PENINGKATAN PANGSA PASAR UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA CUGUNG PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.

Nanda Pratama, S., & Amirulmukminin. (2023). Pengaruh Testimoni terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Kota Bima. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 90–95. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.1627

Riki, Rina, Dadi Akhmad Perdana, Julianti, M., Firdiyansyah, I., & Hendriati, Y. (2023). Pengembangan Kompetensi Dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System Untuk Meningkatkan Peran Dosen Dalam Mendorong Mahasiswa Untuk Belajar. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.253

Sari, A. A. P., & Habib, M. A. F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58.

Sari, R. W., & Mundzir, S. (2017). Keterlibatan Peserta pada Proses Pelaksanaan Pelatihan Subkejuruan Mobil Diesel di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Singosari Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 76–84.

Tito Edy Priandono. (2021, October 12). TRANSFORMASI DIGITAL MENUJU ERA DIGITAL SOCIETY SEBAGAI AKSELERASI KEBANGKITAN EKONOMI NASIONAL. Http://Berita.Upi.Edu/Transformasi-Digital-Menuju-Era-Digital-Society-Sebagai-Akselerasi-Kebangkitan-Ekonomi-Nasional/.