PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DI KALANGAN SISWA PADA SMK AL HUSNA PABUARAN BOGOR

Main Article Content

Ria Susanti Johan
Widiyarini Widiyarini
Iin Asikin
Desy Septariani

Abstract

Pelatihan pembuatan dan pencatatan laporan keuangan sederhana di SMK Al Husna Pabuaran Bogor bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam membuat laporan keuangan. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, dan studi kasus untuk mengajarkan dasar-dasar laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, dan arus kas. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam menyusun laporan keuangan menggunakan perangkat lunak seperti Excel. Meskipun ada tantangan dalam penerapan konsep-konsep praktis, pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengelola keuangan pribadi. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempersiapkan siswa untuk mengelola keuangan secara lebih bijak di masa depan.

Article Details

How to Cite
Susanti Johan, R., Widiyarini, W., Asikin, I., & Septariani, D. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DI KALANGAN SISWA PADA SMK AL HUSNA PABUARAN BOGOR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1264–1270. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i3.2601
Section
Articles
Author Biographies

Ria Susanti Johan, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Widiyarini Widiyarini, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Iin Asikin, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Desy Septariani, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

References

Annisa Hakim, Z., Setiany, E., & Dirman, A. (n.d.). LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA/SMK SEBAGAI GENERASI MUDA MELEK KEUANGAN.

Dura, J., Rohmatunnisa, L. D., Cahyaningtyas, F., Wardana, D., & Sari, W. O. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Di Kalangan Guru dan Siswa SMA/SMK Berbasis Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 184–194. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.1070

Gusti, G. P. (2019). THE INFLUENCE OF APPLICATION OF LECTURE METHOD ON LEARNING OUTCOMES OF STUDENT FINANCIAL LITERACY. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 7(4), 875–881. https://doi.org/10.37061/jps.v7i4.11263

Meirisa, F., Wijaya, T., & Pramuditha, C. A. (2021a). Penyuluhan Pengenalan Bank dan Lembaga Keuangan di SMP Negeri 36 Palembang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PADIMAS), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.35957/padimas.v1i1.1169

Meirisa, F., Wijaya, T., & Pramuditha, C. A. (2021b). Penyuluhan Pengenalan Bank dan Lembaga Keuangan di SMP Negeri 36 Palembang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PADIMAS), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.35957/padimas.v1i1.1169

Perkasa, D. H., Purwanto, S., Ariani, M., Vitriani, N., & Parashakti, R. D. (2024). Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 109–116.

Rahmawati, A., & Wahyuningsih, Rr. S. H. (2022). Peningkatan Tata Kelola Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BUEKA Walidah Mulia. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 10(1), 28–38. https://doi.org/10.18196/berdikari.v10i1.13525

Setiany, E., & Dirman, A. (2022). Literasi Keuangan Bagi Siswa Sma/Smk Sebagai Generasi Muda Melek Keuangan. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Sulistyowati, L.-. (2020). MODEL PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal AKRAB, 11(2), 80–96. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i02.356