PENYULUHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK BARU PADA KELOMPOK KARANG TARUNA RW 01 DAN RW. 02 KELURAHAN CIPINANG BESAR UTARA
Main Article Content
Abstract
Penyuluhan pemasaran online produk baru kepada kelompok karang taruna Rw 01 dan Rw. 02 di Kelurahan Cipinang Besar Utara merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota karang taruna dalam memanfaatkan potensi pemasaran online untuk mengembangkan bisnis lokal. Melalui penyuluhan ini, peserta diberikan penjelasan mengenai berbagai media online dan sosial media yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran, serta bagaimana memulai usaha agar produk yang dipasarkan dapat meraih banyak minat konsumen. Metode pendekatan yang digunakan meliputi penjelasan konsep, demonstrasi praktis, diskusi, dan sesi praktek. Hasil yang diharapkan termasuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, kepercayaan diri, dan dampak positif pada bisnis lokal. Kesimpulannya, penyuluhan ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota karang taruna dan mendorong pertumbuhan bisnis lokal melalui pemanfaatan strategi pemasaran online yang efektif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alam, R. S., Hamid, R. S., & Sapar, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 56–68.
Arip, Y., Rizki Listyono Putro, & Eka Destriyanto P. Ayuningtyas. (2024). PELATIHAN BRANDING DAN PACKING DI SMK PEMKAB PONOROGO. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 67–72. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.824
Bohan, D., Febby Haryanti, Kurnia Allya Suci, Okky Maulana Chandra, Widya Ayu Lestari, Abraham Batubara, Yohana, S.E., M.Si, C.A.P, & Temmy Setiawan, S.E., M.Si. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita – Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.265
ciputra.ac.id. (2024, April 23). Strategi Pemasaran di Era Digital Untuk Meningkatkan Penjualan. Https://Www.Ciputra.Ac.Id/En/Strategi-Pemasaran-Di-Era-Digital-Untuk-Meningkatkan-Penjualan/.
Febriani, R. (2021). Penyuluhan peran digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk umkm keripik ciping desa sukawana curug kota serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 194–202.
Hofifah, S., & Yunita, R. (2022). Pengenalan Media Pemasaran Online Bersama Pemudi Pada Usaha Anyaman Di Desa Gundik, Slahung, Ponorogo. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–34.
Julisawati, E. A., Fivtatianti Hendajani, Kokoy Rokoyah, Hurnaningsih, Agustina Nicke Kakiay, Wigiyanti, & Amelia Nugraeni. (2024). PELATIHAN BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN MARKETPLACE TOKOPEDIA BAGI DASAWISMA RW. 11 KELURAHAN CIPINANG MELAYU . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 96–100. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.848
Khatimah, H., Nur Adha, Garil Adiyat Maulana, M. Arfan Akbar, Angga Lawang Sani, Stefanus F Landi, Ayu Puryanti, Dahnia Suryana, M. Syahrul Alamsyah, Alfi Syahrul, Irma Mardian, & Muhammad Shoalihin. (2024). PENDAMPINGAN DALAM INOVASI PRODUK BOLU DARI AMPAS TAHU PADA UMKM DI KELURAHAN LEWIRATO KOTA BIMA . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 62–66. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.825
Mustika, I., Nugraha, A. P., & Nabella, S. D. (2023). Pembinaan Digital Marketing sebagai Media Strategi Peningkatan Pendapatan Keripik Singkong Mitra Baru Food Kota Batam. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 278–285.
Raihan Nabila, & Kausar. (2023). PENINGKATAN PANGSA PASAR UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA CUGUNG PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i1.557
Sari, D., Azriya, N., Anum, A., & Devi, H. (2021). Penyuluhan Digital Marketing untuk Usaha Rumahan di Kelurahan Tanjung Baru Kec. Kedamaian. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(02), 88–93.
Sitorus, G. (2022). Penyuluhan Pemasaran Online Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkungan RT009/01, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. JURNAL SINERGI, 4(02), 45–51.
Tembalang. (2024, April 22). PROGRAM DAN KEGIATAN RECANA KEGIATAN KELURAHAN TAHUN ANGGARAN 2023 (MENYESUAIKAN DPA KELURAHAN). Https://Tembalang.Semarangkota.Go.Id/En/Rencanakegiatankelurahantahun2023.
Yenni Agustina, Zakaria, Muslem Daud, Anwar, A Hamid, Ratna Mutia, Rizka, Herlina, Geta Ambartiasari, Dewi Mutia, & Dedi Sufriadi. (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN: MENUMBUHKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP GENERASI Z DI ERA KAMPUS MERDEKA . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 21–26. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.588
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179.
Zulfikar. (2023). PELATIHAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL PENJUALAN PRODUK DI KOPERASI PRODUSEN BIREUEN RAYA SEJAHTERA JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.605