PENGUATAN PEMBELAJARAN LITERASI GURU-GURU SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kompetensi literasi guru, mengukur efektivitas program pelatihan literasi, dan menganalisis dampaknya terhadap pembelajaran siswa dan budaya literasi di sekolah. Pendekatan yang digunakan meliputi pelatihan literasi membaca, menulis, dan digital, serta pendampingan implementasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi literasi guru, baik dalam kemampuan membaca kritis, menyusun perangkat pembelajaran berbasis literasi, maupun memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, budaya literasi di sekolah, seperti kegiatan membaca bersama dan diskusi buku, meningkat secara substansial. Dampaknya terlihat pada siswa yang menunjukkan motivasi lebih tinggi dan kemampuan analisis teks yang lebih baik. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, fasilitas, dan infrastruktur teknologi masih menjadi hambatan dalam pelaksanaan program. Oleh karena itu, diperlukan dukungan kebijakan berkelanjutan, akses pelatihan yang lebih luas, dan supervisi yang konsisten untuk memastikan keberlanjutan program. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi sebagai fondasi pembelajaran untuk menghasilkan generasi yang kritis, kreatif, dan berdaya saing global.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Nisa’, A. R., & Istiqomah, R. L. (2018). URGENCY OF PARTICIPATION OF PARENTS IN DEVELOPING POSITIVE CULTURE IN ELEMENTARY SCHOOLS. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23750
Purnamasari, I., Khasanah, I., & Wahyuni, S. (2020). Digital literacy for children based on steam in family education. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012032
Rohliah, L., & Suryani, H. (2020). Using KWL (Know Want Learn) Reading Strategy to Teach Reading Comprehension: A Case in One Public Senior High School in Palembang. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 74–83. https://doi.org/10.19109/ejpp.v7i2.6407
Setyawan, A. F. (2021). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 2(1), 6–9. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i1.588
Soleha, S., Menanti, A., & Hasanuddin, H. (2022). Pengaruh Self Esteem dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Resiliensi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Deli Serdang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1520–1530. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1359