PELATIHAN GURU SMP UNTUK PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL NAYL KECAMATAN SUKARAJA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Pelatihan guru SMP untuk penguatan literasi dan numerasi di Pondok Pesantren Modern Daar El Nayl, Kec. Sukaraja Bogor, dilaksanakan sebagai bagian dari program Merdeka Belajar yang memprioritaskan penguatan literasi dan numerasi siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang konsep literasi dan numerasi serta kemampuan mereka dalam menerapkan konsep tersebut dalam pembelajaran yang bermakna. Pelatihan melibatkan 20 guru SMP swasta dari kabupaten Bogor. Pelatihan ini juga sejalan dengan upaya Direktorat Guru Pendidikan Dasar dalam meningkatkan kompetensi numerasi guru dengan menyelesaikan seri Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru SMP dalam mengajar literasi (keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, berbicara) dan numerasi (kemampuan matematika) kepada siswa mereka di lingkungan Pondok Pesantren Modern Daar El Nayl. Pelatihan mencakup berbagai aspek, seperti pengembangan strategi pengajaran yang efektif, peninjauan materi dan kurikulum yang relevan, dan metode evaluasi yang sesuai. Guru juga mungkin diberikan dukungan dalam menggunakan teknologi pendidikan, mengakomodasi kebutuhan siswa beragam, dan menghadapi tantangan khusus dalam pengajaran literasi dan numerasi. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Pondok Pesantren Modern Daar El Nayl dan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi yang kuat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., & Ismulyati, S. & Sufriadi, D.(2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.
Hapsari, F., Siti Wahyuni, & Mirna Herawati. (2024). PKM PELATIHAN LITERASI TIK BAGI KADER POSYANDU CENDRAWASIH 2 - CIRACAS. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 164–168. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.994
Liza, E. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/6062/1/FM.pdf
Nur Ainun, Jalaluddin, Zakaria, Khairul Asri, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Azwir, Sri Ismulyati, Edi Azwar, Yenni Agustina, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Mukhtasar, & Dedi Sufriadi. (2023). PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIS BERORIENTASI KURIKULUM MBKM MELALUI BAKTI SOSIAL DAN PERLOMBAAN TINGKAT DASAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.584
Omar, A. (2016). Integrasi teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran kesusasteraan Melayu mempertingkatkan keyakinan dan keberhasilan guru semasa latihan mengajar. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 9(1), 13–25.
Purwanti, K., Murniari, A. R., & Yusrizal, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2).
Ramadanti, N. N., Suhendra, Mutiara Islami, Achmad Saypullah, Muhamad Praditiya Aprian, Muhamad Safei, Taufik Hidayah, & Kusmanto. (2024). PELATIHAN DAN PENINGKATAN LITERASI FINANSIAL BAGI SISWA SD NEGERI SERDANG WETAN KECAMATAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 226–232. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1175
Saputro, Y. R., Rio Priyadi, Afif Fadhila Pangestu, Kelvin Juliano, Dwi Yuliyantono, Cintya Devina, Cindy Mutiara Sari, Rizky Sidiq Dwitama, Bram Abdillah, Asna Sari, Yoyok Cahyono, S.E., M.M., C.A.P, & Yohana S.E, M.Si., C.A.P. (2023). Bermain dengan Ilmu: Penyuluhan Baca Tulis Hitung (CALISTUNG) dan Meningkatkan Motorik Anak Melalui Mewarnai di Rumah Yatim Lembaga Amil Zakat Karawaci Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.267
Sofie Dewayani, Nita Isaeni, Meliyanti, Sotya Mayangwuri, Fellma Juniati Panjaitan, & Ratna Nurlaila. (2022). Strategi Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran di SD dan SMP.