ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN MIND MAPPING DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh PISA, karena rendahnya minat baca siswa dan kemampuan guru dalam metode pembelajaran matematika. Literasi matematis adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, memecahkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks dengan menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan fakta untuk mendeskripsikan hingga memprediksi suatu fenomena. Dalam hal ini peneliti menjelaskan bagaimana kemampuan literasi matematis siswa pada materi matriks menggunakan Mind Mapping. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Trenggalek pada materi matriks menggunakan Mind Mapping. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Trenggalek pada materi matriks menggunakan Mind Mapping.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi (teknik) dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 2 Trenggalek pada materi matriks menggunakan Mind Mapping secara garis besar tergolong sedang, dimana berada pada level 3. Dari 35 siswa kelas XI MIPA 3, terdapat tiga siswa berada pada level di bawah 1, dua siswa berada pada level 5, tiga siswa berada pada level 6 dan lainnya berada pada level 3
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.