PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BILANGAN CACAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta efektivitas Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam menyelesaikan soal cerita bilangan cacah pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri atas 15 siswa kelas III sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas materi sebesar 88,69% dan validitas media sebesar 86,13%, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Pada tahap implementasi, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,87, yang menunjukkan bahwa modul tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita bilangan cacah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan modul berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan melalui model ADDIE dapat menjadi alternatif media pembelajaran inovatif untuk mendukung proses pembelajaran matematika yang lebih bermakna, kontekstual, dan berpusat pada siswa. Penerapan model ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, serta mampu memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Achyani, R., Natalia, L., Dewi, S. W., Afifah, A. N., Ashhabi, W. S., & Trimurtini. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 309–321. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7611
Budi Wijaya, I. K. W., & Fajar, A. M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasikan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 8. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7568
Fasza, D. F., & Nursiwi Nugraheni. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas V Sdn Pasucen 02. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5(1), 21–32. https://doi.org/10.29303/pendas.v5i1.3853
Kaprinaputri, A. P. (2013). KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. In Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI (Vol. 8, Issue 1).
Masalah, P., & Siswa, M. (2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengemb. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118.
Musaad, F., & Suparman, S. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMACU KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS ABAD-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3162. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119
Nasution, A. (2016). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. In Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (Vol. 1, Issue 1).
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Rohmatulloh, R., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3599. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8172
Sari, R. N., Yuli, T., & Siswono, E. (n.d.). MATHEdunesa PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI LINGKARAN DI SMP.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145