EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM MOTIF DAN PROSES PRODUKSI RAJUT TASIKMALAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep-konsep matematis yang terkandung dalam motif dan proses produksi rajut Tasikmalaya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi produk rajut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi rajut melibatkan penerapan matematika kontekstual seperti pengukuran, fungsi linear, barisan bilangan, perbandingan, serta geometri ruang dalam penyusunan produk tiga dimensi. Sementara itu, analisis motif rajut memperlihatkan adanya keterkaitan dengan konsep matematika formal, seperti simetri lipat, simetri putar, translasi, fungsi sinusoidal, hingga struktur geometri bidang (segitiga dan belah ketupat). Selain itu, ditemukan pula penerapan prinsip kombinatorika, algoritme, serta estimasi bahan dan waktu produksi yang dilakukan secara intuitif oleh perajin. Temuan ini menegaskan bahwa keterampilan merajut bukan sekadar praktik estetis, tetapi juga sarat dengan dimensi matematis yang berpotensi diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika kontekstual, khususnya di sekolah vokasi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pelestarian budaya lokal sekaligus mendukung penguatan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azahra, A. S., Munahefi, D. N., Wijayanti, K. dan Prabowo, A. (2022). Ethnomathematical Exploration in the Geulis Group Tasikmalaya West Java. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research. 2 (1) 32-42. https://doi.org/10.46336/ijeer.v2i1.237
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka di SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Mahendra, A., dkk. (2024). Metode Etnografi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159-170. https://doi.org/10.5281/zenodo.13853562
Manan, A. (2021). Metode Penelitian Etnografi. AcehPo Publishing.
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal. 5 (5) 25-31. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p25-31
Rahman, S.A., Ramanda dan Sundhari, Rachma. (2022). Eksplorasi Payung Geulis Tasikmalaya Dengan Konsep Etnomatematika Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 889-904. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1829
Rahmi, D., Isnaniah, & Yanti, F. (2020). Kerajinan rajut sebagai produk cendramata di Nagari Tuo Pariangan. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.36928/jam.v4i1.564160
Resfaty, A. G., Muzdalipah, I., & Hidayat, E. (2019). Studi etnomatematika: Mengungkap gagasan dan pola geometris pada kerajinan anyaman mendong di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 19–26. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.524
Rezhi, K., Yulifar, L., & Najib, M. (2023). Memahami langkah-langkah dalam penelitian etnografi dan etnometodologi. Artefak: Jurnal Arkeologi dan Sejarah, 10(2), 271-276. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v10i2.10714
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54 https://dialnet.unirioja.es/descarga/articulo/5123520.pdf
Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). Ethnomodelling as a glocalization process of mathematical modeling. The Mathematics Enthusiast, 18(3), 643–676. https://scholarworks.umt.edu/tme/vol18/iss3/16/
Suherman, E. (2019). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: UPI Press.
Wahyuni, S. N., (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA: Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (2) 35-40. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819
Wulansari, D. F., Hidayat, T., Ramasiah, S., Prehanto, A., & Nuryadin, A. (2022). Perkembangan industri kreatif di Kota Tasikmalaya pada era digital. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 96–105. https://10.36441/kewirausahaan.v5i2.1313