ANALISIS KESALAHAN SISWA MTSN 2 BANDA ACEH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Main Article Content

Cut Ristinta
Muhamad Saleh
Fithri Angelia Permana
Burhanunddin
Cut Nurul Fahmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa MTsN 2 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal cerita matematika, serta memberikan rekomendasi untuk meminimalkan kesalahan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes dan kemampuan komunikasi saat wawancara. Analisis data mengacu pada kriteria kesalahan menurut Watson yang mencakup lima kategori kesalahan, yaitu Inappropriate Procedure (Ip), Omitted Conclusion (Oc), Response Level Conflict (RLC), Skills Hierarchy Problem (SHP) dan Above Other (AO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subjek melakukan kesalahan, dengan jenis kesalahan dominan adalah kesimpulan hilang (Oc) dan kesalahan di luar kategori utama (AO). Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman terhadap konsep matematika, kesulitan dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam bentuk model matematika, ketidaktelitian, serta kurangnya penguasaan langkah-langkah penyelesaian soal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual, menekankan pemahaman konsep serta pembiasaan dalam menuliskan prosedur dan kesimpulan secara lengkap.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin Faizah Yuliana et al., “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berdasarkan Teori Newman Siswa Kelas VIII,” Jurnal Riset dan Pendidikan 1, no. 1 (2022): 57.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Endri Puji Lestari & Shofan Fiangga. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Jenis Kelamin Ditinjau dari Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 187–200.

Firdaus et al, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika,” Dialektika P. Matematika 8, no. 1 (2021): 546.

Lovia Astrisahri Nur Mustari, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Bungoro” (Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi, 2022),4.

M. Adzan Akbar et al. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.

Monika Ajeng Pramita, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas H MTsN 2 Trenggalek” (IAIN Tulungagung.Skripsi, 2020),27.

Nikmatin et al. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 121–128.

Pradnyo Wijayanti, (2020). “Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Bangun Datar Segiempat”. Jurnal Mathedunesa. 9(1): 42.

Ratih Mauliandri & Kartini Kartini, “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP,” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika 9, no. 2 (2020): 121.

Rini, W. & Mulyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Bandung: Pustaka Pelajar.

Risna Tianingrum & Hanifah Nurus Sopiany, “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Jurnal Matematika 1, no. 9 (2017): 442.

Sindy Putri Kumala Sari, " Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Segi Gender"(Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. Skripsi, 2023).

Sinta Silvia et al, “Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear DuaVariabel

Berdasarkan Newman,”Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 02, no. 02 (2020): 192.

Sri Amini &Tri Nova Yunianta, “Analisi Keslahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffoldingnya Bagi Kelas VII SMP”, Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, No.1, Mei 2018, h. 2.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019), h.224.

Susilawati et al. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 244.

Syafitri, D. & Supriadi, R. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Gramedia.

Tjipto Djuhartono Ratna Windianti Utami & Bakti Toni Endaryanto, “Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika,” Jurnal Ilmiah Kependidikan 5, no. 3 (2018): 188.

Yuni Agnesti & Risma Amelia. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151–162.

Dina dan Dewi Mardhiyana Anastasia, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson,” Jurnal Mathematic Paedagogic 4, no. 1 (2019): 159.

Sudirman. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau

Dari Segi Gender.” Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 3, no. 2

(2017).

Dwidarti, Ufi, Helti Lygia Mampouw, and Danang Setyadi. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan.” Jurnal

Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2019).

Firmanti, Pipit. “Penalaran Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Proses

Pembelajaran Matematika.” HUMANISMA: Journal of Gender Studies 1, no.2 (2017).

Nur, Andi Saparudin, and Markus Palobo. “Profil Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Dan

Gender.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 9, no. 2 (2018).

Aminah, Aminah, and Kiki Riska Ayu Kurniawati. “Analisis Kesulitan Siswa

Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari

Gender.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 2, no. 2 (2018).

Imamuddin, M. “Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan

Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri.” Journal of Gender Studies 1, no.

(2017).

Mustari, Lovia Astrisahri Nur. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan

Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson

Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Bungoro.” Universitas Muhammadiyah

Makassar. Skripsi, 2022.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Muharomah, D. R. (2023). Analisis Kesulitan Dalam Pemahaman Soal Cerita Matematika dengan Pendekatan Student Center Learning (SCL) dan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 152-164.