KLASIFIKASI PROFESI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN CAPAIAN AKADEMIK DENGAN ANALISIS DISKRIMINAN
Main Article Content
Abstract
Sebagian lulusan pendidikan matematika belum memiliki arah karier yang sesuai dengan kompetensi akademiknya. Kondisi ini menunjukkan perlunya pemetaan berbasis capaian belajar untuk mengenali potensi profesi yang tepat. Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan potensi profesi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan capaian akademik menggunakan Analisis Diskriminan Fisher. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa angkatan 2021 di Universitas Syiah Kuala, dengan sampel 60 mahasiswa yang dipilih secara acak melalui teknik simple random sampling. Data diperoleh dari Kartu Hasil Studi (KHS) sebagai dokumen akademik resmi. Analisis dilakukan terhadap sembilan mata kuliah yang merepresentasikan kompetensi tiga profesi potensial, yaitu guru, dosen, dan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan capaian tinggi pada mata kuliah pedagogis cenderung berpotensi menjadi guru, sementara capaian tinggi pada mata kuliah analitis seperti Aljabar Linier, Aljabar Elementer, dan Statistika berkaitan dengan profesi dosen. Mahasiswa dengan nilai tinggi pada mata kuliah Workshop Penulisan Artikel dan Poster serta Metode Penelitian Pendidikan Matematika berpotensi menjadi penulis akademik. Model diskriminan memiliki tingkat klasifikasi benar sebesar 91,4% dan validasi silang 89,7% persen. Temuan ini menegaskan bahwa capaian akademik dapat menjadi dasar objektif dalam pembinaan karier mahasiswa pendidikan matematika.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bandura, A. (2001). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice Hall.
Dimla, R., De Leon-Pineda, J. L., & Quiambao, D. (2022). Graduate Program relevance and mathematics Educators career: Evidence from the tracer study. International Journal of Adult Education and Technology (IJAET), 13(1), 1-10. https://doi.org/10.4018/IJAET.310071
Firmansyah, M. R. (2025). Analisis keterserapan lulusan dan evaluasi kinerja guru alumni Program Studi Pendidikan matematika UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan (Doctoral dissertation, UIN. KH Abdurahman Wahid Pekalongan).
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson.
He, Z., Liang, Q., & Wu, H. (2023). The influence of professional identity on academic achievement among University Students: The mediating role of academic self-efficacy. Journal of Education, Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.54097/ehss.v8i.4519.
Hirschi, A., Nagy, N., Baumeler, F., Johnston, C., & Spurk, D. (2018). Assessing key predictors of career success. Journal of Career Assessment, 26, 338 - 358. https://doi.org/10.1177/1069072717695584.
Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments (3rd ed.). Psychological Assessment Resources.
Kim, Y., & Kim, Y. (2023). Examining the relationship between high school student's post-graduation career plans, college major choices and academic achievement. The Korean Society for the Study of Local Education Management. https://doi.org/10.23196/tjlem.2023.26.2.079.
Oktaviani, M., ASDI, Y., & YANUAR, F. (2022). Klasifikasi indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas menggunakan analisis diskriminan berganda. Jurnal Matematika UNAND, 11(3). https://doi.org/10.25077/jmua.11.3.190-198.2022
Olarte, T. R., Swartz, M., & Roberts, S. A. (2022). Professional Identity Development of Mahematics Teaching Assistants.
Shulman, L.S. (1986) Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15, 4-14. http://dx.doi.org/10.3102/0013189X015002004
Saidi, N., & Srinivasa Rao, G. (2023). Application of Discriminant Analysis to Predict Students’ Performances in Mathematics in Advanced Secondary Schools. European Journal of Statistics, 3. https://doi.org/10.28924/ada/stat.3.8
Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 579. https://doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347
Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Umam, K., Duskri, M., Idris, K., Akmal, N., & Hidayat, M. (2024). Classification of graphic designers' competencies using discriminant analysis. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 7(3), 175-184.
Umam, K., Hidayat, M., Fitri, N., Fadillah, A., & Isna, F. (2022). Klasifikasi Kemampuan Mahasiswa Berdasarkan Bidang Matematika. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 5(1), 19. https://doi.org/10.52626/jg.v5i1.141
Umam, K., Mastura, A., Ansari, M., Nurita, F., Rahayu, L., Yuni, C., & Ramadhan, R. (2025). Determination of career preferences among marine science students through discriminant analysis. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 8(1), 11-22.
Wiersma, W., & Jurs, S. (2009). Research Methods in Education: An Introduction. Pearson.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Zhang, W., Xu, Q., & Kou, H. (2023). The effect of professional identity on academic achievement of college students in Social Welfare Major. Korean Association for Learner-Centered Curriculum and Instruction. https://doi.org/10.22251/jlcci.2023.23.17.857.