IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DALAM OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS 4 SD

Main Article Content

Ibtihal Izbalina Ali
Fayza Hauliandri
Nadila Aprilia
Dwi Rakhmawati
Een Unaenah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesalahpahaman  (miskonsepsi) yang dialami siswa kelas IV SD pada materi operasi hitung pembagian. Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan studi kasus. Subjek penelitian adalah tujuh orang siswa kelas IV SDN Pangadegan 3. Prosedur pengolahan data dengan menganalisis hasil tes dan wawancara serta membuat tabulasi dan deskripsi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahpahaman atau miskonsepsi yang dialami siswa dalam operasi hitung pembagian berupa: siswa mengalami kebingungan dalam membedakan antara makna pembagian sebagai pengurangan berulang, menyelesaikan soal cerita dan bentuk operasi campuran.

Article Details

Section
Articles

References

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., Ihsanudin, I., Matematika, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., ... & Banten, I. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. 07 (01), 751–765.

Juliharti, L., Fitria, Y., & Amini, R. (2023). Analisis Teori Pembelajaran Bruner Terhadap Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 750-759.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23-31.

Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., Prasiska, M., & Irani, A. R. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 580–589. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.749

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi siswa terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat siswa kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209.

Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan belajar matematik siswa sekolah dasar pada operasi hitung bilangan bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470.

Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003-1016.

Yuliana, E., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Operasi Hitung Pembagian Di Sd. Jurnal Sinektik, 3(1), 67-74.

Artikel

https://dinkes.sultengprov.go.id/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil dalam-teori-piaget/

https://teachy.ai/id_ID/buku/pendidikan-dasar/kelas-4 sd/matematika/hubungan-invers-dari-operasi-penjumlahan-pengurangan-perkalian-dan-pembagian-32d7