PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI CAMTASIA UNTUK MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELUANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Camtasia untuk mengeksplorasi pemahaman siswa pada materi peluang. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 1 Banjar. Instrumen yang digunakan mencakup angket validasi ahli untuk menilai kevalidan, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan, serta tes pretest dan posttest untuk menilai efektivitas media. Berdasarkan hasil penelitian, validasi ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90%, dan validasi dari ahli media sebesar 90%, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Efektivitas media ditunjukkan melalui peningkatan skor pemahaman siswa, dengan nilai effect size (Cohen’s d) sebesar 3,68, yang termasuk kategori very strong effect. Dari sisi kepraktisan, sebanyak 92,9% skor siswa memberikan respon "sangat praktis" terhadap media pembelajaran ini. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Camtasia yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya materi peluang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Awaliyah, S. E. R., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Camtasia Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 272–290. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i2.46224
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217-226. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352
Kadir, Fatma, M., & Heryani Oktavianti, R. (2018). Development of KADIR Learning Model to Enhance Students’ Mathematical Problem Solving Skill. Atlantis Press, 115(Advances in Social Science, Education an Humanities Research). https://doi.org/10.2991/icems-17.2018.22
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.
Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 147-157. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2659
Prasetyawan, A. (2016). Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Software Camtasia Studio pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 26–35. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1407
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133-141. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Rahman A., Heryanti L. M., Ekanara B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development Pada Konsep Ekologi Untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Ecoducation, Economic & Education Journal, 9(2), 169–182. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4287
Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 45-56. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Center for Innovation in Teaching the Handicapped.
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 221–231. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25268
Wati, I., & Kamila, I. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang: Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0 (Vol. 12, hal. 364–370). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
York, R. O. (2016). Statistics for human service evaluation. Sage Publications.