PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI

Main Article Content

Silvia Aulia Tasya Silvia
Nurjanah
Deti Ahmatika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran Think Pair Share berbasis pendidikan karakter percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbasis pendidikan karakter percaya dirietode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-Experiment) dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama daerah Cileunyi Kabupaten Bandung tahun ajaran 2022/2023 dengan sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, angket respon pendidik, dan observasi aktivitas pendidik. Berdasarkan hasil analisis uji Independent Sample T-test, Mann Whitney U-Test, analisis angket dan analisis observasi diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share berbasis pendidikan karakter percaya diri lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran melalui model pembelajaran Discovery Learning.

Article Details

Section
Articles