PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 8 PALANGKA RAYA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan guru selama penerapan pendekatan RME pada materi Aritmatika Sosial. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar setelah penerapan pendekatan RME pada materi Aritmatika Sosial 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pendekatan RME pada materi Aritmatika Sosial.Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII-9 SMPN 8 Palangka Raya sebanyak 32 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, . Teknik analisis data penelitian ini adalah 1) analisis aktivitas siswa dan guru. 2) analisis angket respon siswa. 3) analisis tes hasil belajar Aritmatika Sosial. Hasil penelitian ini adalah 1) aktivitas siswa selama penerapan pendekatan RME . 2) aktivitas guru selama pembelajaran dengan pendekatan RME sudah terlaksana dengan baik dan adanya peningkatan. 3) Hasil belajar siswa berupa tes akhir dan tes formatif, Ketercapai di awal pertemuan yaitu 66,89% dengan ketuntasan klasikal 56,25% dan di tingkat ketercapai akhir pertemuan yaitu 97,3% dengan ketuntasan klasikal 100%, hasil tes akhir ada 25 siswa yang tuntas dari 28 siswa dengan tingkat ketercapaian 76,65% dan ketuntasan klasikal 89,28%. 4) Respon siswa terhadap penerapan pendekatan RME
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensinya