Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Anak SD di Kabupaten Deli Serdang

Main Article Content

Aqia Insani
Naila Synta Ramadani
Rara Jelita
M Surip

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan individu dalam memahami konsep sains, menerapkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari, serta berpikir kritis dan memecahkan masalah berbasis sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi sains pada anak sekolah dasar di Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains dan angket yang diberikan kepada siswa SD di beberapa sekolah yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa bervariasi, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains meliputi kualitas pembelajaran di sekolah, ketersediaan sumber belajar, serta dukungan orang tua di rumah. Studi ini menekankan pentingnya penguatan pendidikan sains sejak dini melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. 

Article Details

How to Cite
Insani, A., Ramadani, N. S. ., Jelita, R., & Surip, M. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Anak SD di Kabupaten Deli Serdang. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3556–3561. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3200
Section
Articles
Author Biographies

Aqia Insani, Universitas Negeri Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni,

Universitas Negeri Medan, Kota Medan/Kabupaten Deli Serdang, Indonesia

Naila Synta Ramadani, Universitas Negeri Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni,

Universitas Negeri Medan, Kota Medan/Kabupaten Deli Serdang, Indonesia

Rara Jelita, Universitas Negeri Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni,

Universitas Negeri Medan, Kota Medan/Kabupaten Deli Serdang, Indonesia

M Surip, Universitas Negeri Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni,

Universitas Negeri Medan, Kota Medan/Kabupaten Deli Serdang, Indonesia

References

Anggraini, N., Herdyana, T., & Ramadhani, M. (2024). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa UPT SPF SD Negeri 104202 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang TA 2023/2024. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 169-173.

Nasution, Y., Ambarita, D. F., & Violina, E. I. (2023). Penataan Ruang Pojok Baca Mewujudkan Kampung Literasi pada Komunitas Anak Desa Kolam Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang.

Pasaribu, W. E., Usman, K., Tamba, R., Perangin-Angin, L. M., & Purnomo, T. W. (2025). Hubungan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V di SD Negeri 107400 Bandar Khalifah. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 9(1).

Roostin, E. (2024). Pengembangan Permainan Tradisional Dakon Berbasis Budaya Sunda Berbantuan Media Digital Android untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Sari, M. P., Baining, M. E., & Saijun, S. (2024). Peran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 55-70.

Siregar, A., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Peran Literasi dalam Membangun dan Meningkatkan Budaya Minat Baca Siswa di Madrasah. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6), 2864-2870.

Sirait, M. F. (2021). Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri 105271 Serbajadi Kabupaten Deli Serdang.

Syafitri, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di SDN 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Tarigan, A. L. (2021). Pemahaman Investasi Generasi Milenial Pada Minat Berinvestasi Di Peer To Peer Lending Di Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(1), 49-58.