Ketidakharmonisan Keluarga dalam Prestasi Keberhasilan Studi Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak ketidakharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan pendekatan kualitatif. Ketidakharmonisan keluarga yang meliputi konflik antar anggota keluarga, perceraian, atau masalah komunikasi, dapat memengaruhi kondisi psikologis mahasiswa, yang pada gilirannya memengaruhi kemampuan akademik mereka. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 15 mahasiswa yang mengaku mengalami ketidakharmonisan dalam keluarga mereka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama yang muncul dalam pengalaman para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakharmonisan keluarga menimbulkan dampak emosional seperti stres, kecemasan, dan perasaan tidak aman, yang mengganggu konsentrasi dan motivasi belajar. Selain itu, ketidakharmonisan ini juga mengarah pada penurunan kepercayaan diri dan perasaan isolasi, yang semakin memperburuk kinerja akademik mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketidakharmonisan keluarga dapat menjadi faktor signifikan yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa, dan pentingnya dukungan emosional serta intervensi psikologis untuk membantu mereka mengatasi tantangan tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fatiha, maulida cahya. 2022. “Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 10 Tangerang Selatan Angkatan 2019.”
hanim, Zaenab, Siti Aisyah, and Yudo Dwiyono. 2018. “PENGARUH KONFLIK KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V MIN SAMARINDA, KALIANTAN TIMUR.” Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 3.
Santoso, Aura Putri. 2024. “Dampak Kesehatan Mental Broken Home Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa.” Jurnal Cendekia Ihya 2 (1): 1–9. https://doi.org/10.62419/jci.v2i1.39.
Shatara Martiza, Nada, Dian Indriyani, Jurusan Manajemen, Sumber Daya, Manusia Apatur, Politeknik Stia, and Lan Jakarta. 2024. “Studi Kasus: Dampak Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta.” Nusantara Journal of Multidisciplinary Science 1 (11). https://jurnal.intekom.id/index.php/njms.
Sugianti, Deni. 2022. “Disharmonisasi Keluarga Sebagai Salah Satu Faktor Penghambat Prestasi Belajar Anak Di Sekolah” 2 (5): 2022. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau.
Wildania, fida fatkha. 2023. “Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Di MIM KAUMAN WIRADESA Pekalongan.”