Analisis Perilaku Bullying dalam Interaksi Sosial Siswa di SMA Telkom Bandung

Main Article Content

Ilman Dwi Ilhamsyah
Aruna Arka Sarwahita
Dewa Putu Andikha Swibawa
Nayla Hafizah
Muhammad Rasyadan Jauza Arafah

Abstract

Bullying merupakan tindakan menyakiti orang lain secara fisik maupun psikologis yang menyebabkan penderitaan dan mengganggu ketenangan korban. Tindakan ini bukan sekadar kekerasan biasa, melainkan bentuk penganiayaan, intimidasi, atau ancaman halus yang dilakukan secara berulang dalam jangka waktu lama. Bullying menjadi kebiasaan atau tradisi yang mengancam keselamatan dan kesehatan mental korban. Salah satu bentuk bullying yang umum terjadi adalah perundungan di lingkungan sekolah. Seorang siswa bisa menjadi sasaran ejekan, hinaan, penyebutan nama orang tua, pengucilan dari kelompok, hingga kekerasan fisik. Dampak dari bullying sangat serius. Korban sering merasa sedih, takut, malu, bahkan enggan datang ke sekolah. Prestasi akademik bisa menurun, dan dalam beberapa kasus, korban mengalami gangguan mental berat. Pelaku bullying pun bisa mengalami kesulitan bersosialisasi di masa depan. Penyebab bullying beragam, seperti keinginan untuk berkuasa, pengaruh pergaulan, atau masalah keluarga. Lingkungan sekolah yang minim pengawasan juga memicu hal ini. Penanggulangan bullying memerlukan peran aktif semua pihak. Sekolah perlu aturan tegas, dan kerja sama antara guru serta orang tua penting dalam menanamkan nilai toleransi. Program anti-bullying juga efektif membangun lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Article Details

How to Cite
Ilhamsyah, I. D., Aruna Arka Sarwahita, Dewa Putu Andikha Swibawa, Nayla Hafizah, & Jauza Arafah, M. R. . (2025). Analisis Perilaku Bullying dalam Interaksi Sosial Siswa di SMA Telkom Bandung. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3697–3701. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3227
Section
Articles
Author Biographies

Ilman Dwi Ilhamsyah, Telkom University

S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

Aruna Arka Sarwahita, Telkom University

S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

Dewa Putu Andikha Swibawa, Telkom University

S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

Nayla Hafizah, Telkom University

S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

Muhammad Rasyadan Jauza Arafah, Telkom University

S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, Indonesia

References

Ainiyah, H. R., & Cahyanti, I. Y. (2020). Efektivitas Pelatihan Asertif Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku “Bullying” di SMPN A Surabaya. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(2), 105-113.

Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99.

AMIN, M. (2018). Pengaruh Bullying Terhadap Perilaku Belajar Pai Siswa Kelas Xi Smk Bishri Syansuri Denanyar Jombang (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak. el-Tarbawi, 4(1), 19-26.

Zakiyah, B. (2019). Perilaku Bullying Pada Santri Remaja Putri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah II Lirboyo Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685-691.

Rahmatillah, W., Isnata, R., Jayatri, T., Wulandari, S., & Sitawani, A. (2024). STUDI KASUS BULLYING DI SEKOLAH: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SISWA SEBAGAI PEMICU BULLYING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KORBAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 341-354.

Safaat, R. A. (2023). Tindakan bullying di lingkungan sekolah yang dilakukan para remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97-100.