Evaluasi Efektivitas Manajemen Aset Daerah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Banten
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas manajemen aset daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten. Manajemen aset daerah yang efektif diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap optimalisasi pemanfaatan sumber daya daerah, peningkatan pelayanan publik, dan pencapaian kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi dokumen, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan aset daerah di Banten masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti kurangnya transparansi, keterbatasan kapasitas sumber daya manusia, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan aset. Namun, terdapat potensi besar untuk meningkatkan efektivitas melalui penerapan tata kelola yang baik, penguatan regulasi, dan pengembangan sistem informasi manajemen aset. Dengan perbaikan tersebut, diharapkan pengelolaan aset daerah dapat memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat di Banten.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asiva Noor Rachmayani. (2015). No Structural Analysis of Covariance on Health-Related Indicators in the Elderly at Home Focusing on Subjective Health PerceptionTitle. 6.
Bakhrur Rokhman , Denok Kurniasih, T. (2023). Implementasi Etika Administrasi Publik Dalam Pencapaian e-ISSN : 2809-8862 Good Goverence Di Indonesia. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(7), 915–924. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/covalue/article/view/3950
Betresia, A., Situmeang, S. W., Verdina, P., Jannah, L. M., & Oktafia, E. (2021). Korupsi Bantuan Sosial COVID-19: Analisis Implementasi Etika Normatif Pejabat Publik di Indonesia COVID-19. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 3(2), 138–154. https://doi.org/10.14710/dialogue.v3i2.13126
Dini Ayu Permata Sari, Ainul Yaqin, & Imam Sucahyo. (2024). Etika Administrasi Pada Peningkatan Pelayanan Publik Yang Berkualitas Oleh Aparatur Di Kantor Desa Tegalrejo Kecamatan Dringu. Journal Administrasi Publuk Dan Ilmu Komunikasi, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.55499/intelektual.v11i1.1146
Hayani, F., Oktavia, I., Oktavia, R., Fania, S. A., Hanoselina, Y., Helmi, R. F., Ilmu, P., Negara, A., Sosial, F. I., & Padang, U. N. (2024). Analisis Permasalahan Etika Pejabat Pemerintahan Dari Perspektif Administrasi Publik. 4.
ismanto. (2012). 8. Ismanto. Revitalisasi Etika Administrasi Sebagai Manifestasi Paradigma New Public Servce Dalam Penyelenggaraan Peerintahan, 3(1), 86–96.
Jumiati, I. E. (2012). Dimensi Etika Dalam Pelayanan Publik, Arti Penting Dilema dan Implikasinya Bagi Pelayanan Publik di Indonesia. Administrasi Publik, 3(1), 25–31.
Kurniawan, T. (2007). Pergeseran Paradigma Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(23), 1–23.
Satibi, I., & Ediyanto, E. (2020). Etika Dan Perilaku Birokrasi Dalam Mendukung Penguatan Good Governance. Jurnal Academia Praja, 3(2), 234–250. https://doi.org/10.36859/jap.v3i2.173
Sukri J, S. J., Idris, M., & Burhanuddin, B. (2017). Penerapan Etika Administrasi Negara Dalam Pelayanan Kenaikan Pangkat Di Kantor Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 112. https://doi.org/10.26618/kjap.v3i1.897
Sulfiyah, A., Burhanuddin, & Ma’ruf, A. (2023). Penerapan Etika Administrasi Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 4(1), 14–25. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/10451
Widiaswari, R. R. (2022). Etika Administrasi Publik dalam Penyelenggaraan Tata Kelola di Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 600. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.922