Etika dan Privasi dalam Penggunaan AI untuk Pengawasan Ujian Daring: Studi Kasus dan Perspektif Regulasi
Main Article Content
Abstract
Kecerdasan Buatan (AI) semakin banyak digunakan dalam pengawasan ujian daring untuk menjaga kejujuran akademik melalui fitur seperti pengenalan wajah, analisis gerakan, dan pemantauan otomatis. Namun, teknologi ini menimbulkan masalah etika dan privasi, termasuk risiko kebocoran data, bias algoritma, dan tekanan psikologis pada siswa. Studi kasus menunjukkan kurangnya transparansi kebijakan privasi, penilaian yang bias, dan kecemasan yang memengaruhi performa siswa. Penelitian ini merekomendasikan kebijakan yang transparan, algoritma yang inklusif, dan pendekatan humanis untuk menyeimbangkan integritas akademik dengan kesejahteraan siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Avista, U., Ari, D., Inapty, B. A., Waskito, I., Mataram, U., & Mataram, U. (2023). Jurnal Riset Akuntansi Aksioma. 22(2), 295–309. https://doi.org/10.29303/aksioma.v23i2.332
Bimantoro, E., Hidayattullah, M. F., & Af’idah, D. I. (2024). Learning Management System (Lms) Pada Kursus Online Berbasis Deteksi Kecurangan Ujian Menggunakan Model Mediapipe Face Mesh. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 8(2), 268. https://doi.org/10.26798/jiko.v8i2.1167
Fahman, Z. (2024). Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. 02(02), 191–206.
Hadibrata, L., & Rochadiani, T. H. (2024). Deteksi Potensi Menyontek Menggunakan Feedforward Neural Network Pada Ujian Daring. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 7(2), 92–100. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v7i2.1585
Herwanto, P. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Online melalui AI: Peran dan Sikap Dosen dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa. 7.
Ina Magdalena, Deis Ayu Nur Hidayah, D. K. A. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.8734/CAUSA.v1i2.365
Mangasak, A., Angelin, R., & Sofyan. (2023). Tantangan dan Peluang Artificial Intelligence (AI) untuk Masa Depan. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 3(3), 26–34.
Maoeretz Engel, M., & Agustinus, J. T. (2024). Real Time Online Exam Proctoring System in Higher Education Using Webrtc Technology. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(6), 1575–1587. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1564
Mujahid, A. Z., Sibron, A., Audina, M., & Harto, K. (2024). TOFEDU : The Future of Education Journal Bringing Artificial Intelligence ( AI ) in Teaching and Learning Process. 3(5), 1825–1831.
Perguruan, D., Vokasi, T., Masito, F., & Idyaningsih, N. (2022). Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Ujian Online Otomatis. 3(2).
Pratama, A. J., Kharisma, A. P., & Arwani, I. (2021). Pengembangan Aplikasi Pendeteksian Kecurangan dalam Ujian Daring menggunakan Konsep Context Aware pada Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(5), 1755–1764. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8990
Rahman, P., Ningsih, N., & Rahim, A. (2024). Tampilan potensi ancaman kecerdasan buatan bagi perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63–72.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859
Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532