Etika dan Privasi dalam Penggunaan AI untuk Pengawasan Ujian Daring: Studi Kasus dan Perspektif Regulasi

Main Article Content

Vonia Vonia
Hefi Kristianto
Jadiaman Parhusip

Abstract

Kecerdasan Buatan (AI) semakin banyak digunakan dalam pengawasan ujian daring untuk menjaga kejujuran akademik melalui fitur seperti pengenalan wajah, analisis gerakan, dan pemantauan otomatis. Namun, teknologi ini menimbulkan masalah etika dan privasi, termasuk risiko kebocoran data, bias algoritma, dan tekanan psikologis pada siswa. Studi kasus menunjukkan kurangnya transparansi kebijakan privasi, penilaian yang bias, dan kecemasan yang memengaruhi performa siswa. Penelitian ini merekomendasikan kebijakan yang transparan, algoritma yang inklusif, dan pendekatan humanis untuk menyeimbangkan integritas akademik dengan kesejahteraan siswa.

Article Details

How to Cite
Vonia, V., Kristianto, H. ., & Parhusip, J. (2024). Etika dan Privasi dalam Penggunaan AI untuk Pengawasan Ujian Daring: Studi Kasus dan Perspektif Regulasi. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1833–1839. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2760
Section
Articles
Author Biographies

Vonia Vonia, Universitas Palangka Raya

Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Indonesia

Hefi Kristianto, Universitas Palangka Raya

Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Indonesia

Jadiaman Parhusip, Universitas Palangka Raya

Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Indonesia

References

Avista, U., Ari, D., Inapty, B. A., Waskito, I., Mataram, U., & Mataram, U. (2023). Jurnal Riset Akuntansi Aksioma. 22(2), 295–309. https://doi.org/10.29303/aksioma.v23i2.332

Bimantoro, E., Hidayattullah, M. F., & Af’idah, D. I. (2024). Learning Management System (Lms) Pada Kursus Online Berbasis Deteksi Kecurangan Ujian Menggunakan Model Mediapipe Face Mesh. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 8(2), 268. https://doi.org/10.26798/jiko.v8i2.1167

Fahman, Z. (2024). Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. 02(02), 191–206.

Hadibrata, L., & Rochadiani, T. H. (2024). Deteksi Potensi Menyontek Menggunakan Feedforward Neural Network Pada Ujian Daring. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 7(2), 92–100. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v7i2.1585

Herwanto, P. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Online melalui AI: Peran dan Sikap Dosen dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa. 7.

Ina Magdalena, Deis Ayu Nur Hidayah, D. K. A. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.8734/CAUSA.v1i2.365

Mangasak, A., Angelin, R., & Sofyan. (2023). Tantangan dan Peluang Artificial Intelligence (AI) untuk Masa Depan. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 3(3), 26–34.

Maoeretz Engel, M., & Agustinus, J. T. (2024). Real Time Online Exam Proctoring System in Higher Education Using Webrtc Technology. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(6), 1575–1587. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1564

Mujahid, A. Z., Sibron, A., Audina, M., & Harto, K. (2024). TOFEDU : The Future of Education Journal Bringing Artificial Intelligence ( AI ) in Teaching and Learning Process. 3(5), 1825–1831.

Perguruan, D., Vokasi, T., Masito, F., & Idyaningsih, N. (2022). Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Ujian Online Otomatis. 3(2).

Pratama, A. J., Kharisma, A. P., & Arwani, I. (2021). Pengembangan Aplikasi Pendeteksian Kecurangan dalam Ujian Daring menggunakan Konsep Context Aware pada Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(5), 1755–1764. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8990

Rahman, P., Ningsih, N., & Rahim, A. (2024). Tampilan potensi ancaman kecerdasan buatan bagi perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63–72.

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859

Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532

Most read articles by the same author(s)