Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Ketimpangan Pendidikan di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Ketimpangan pendidikan di Indonesia, khususnya antara wilayah perkotaan dan pedesaan, masih menjadi tantangan utama. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi kesenjangan ini melalui peningkatan akses pendidikan digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh distribusi infrastruktur TIK terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif berbasis data sekunder mengenai distribusi infrastruktur TIK, akses internet, dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi infrastruktur TIK yang tidak merata memperburuk ketimpangan pendidikan di wilayah rural. Namun, TIK memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, asalkan ada langkah strategis seperti peningkatan literasi digital dan subsidi teknologi untuk daerah yang kurang terlayani
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Badan Pusat Statistik. (2023). Laporan Statistik Pendidikan dan Teknologi di Indonesia. Jakarta: BPS.
Eneza Education. (2022). The Impact of SMS-based Learning in Sub-Saharan Africa. Nairobi: Eneza Foundation.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2023). Transformasi Digital untuk Pendidikan Merata. Jakarta: Kominfo.
Kominfo. (2022). Laporan Program Palapa Ring dan Pemerataan Akses Internet di Indonesia. Jakarta.
Korean Ministry of Education. (2022). Education Technology in Korea: A Case Study of Success. Seoul: Ministry of Education, Korea.
Ministry of Electronics and Information Technology, India. (2023). Digital India: Empowering Villages through ICT. New Delhi: Government of India.
Prasetyo, R., & Wijaya, T. (2021). Peningkatan Literasi Digital Guru di Daerah 3T. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 147-159.
UNESCO. (2022). Digital Education for Rural Areas: Bridging the Gap. Paris: UNESCO Publishing.
World Bank. (2021). Digital Inclusion and Educational Development: Lessons from Emerging Economies. Washington D.C.: World Bank Group.
Zhou, T., Li, M., & Wang, J. (2019). The Role of ICT in Bridging Educational Inequalities. International Journal of Education and Development using ICT, 15(2), 35-50.