Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Ketimpangan Pendidikan di Indonesia

Main Article Content

Dermauli Lamtio Sihombing
Yolanda Zenifer
Paska Prima Ginting
Jadiaman Parhusip

Abstract

Ketimpangan pendidikan di Indonesia, khususnya antara wilayah perkotaan dan pedesaan, masih menjadi tantangan utama. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi kesenjangan ini melalui peningkatan akses pendidikan digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh distribusi infrastruktur TIK terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif berbasis data sekunder mengenai distribusi infrastruktur TIK, akses internet, dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi infrastruktur TIK yang tidak merata memperburuk ketimpangan pendidikan di wilayah rural. Namun, TIK memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, asalkan ada langkah strategis seperti peningkatan literasi digital dan subsidi teknologi untuk daerah yang kurang terlayani

Article Details

How to Cite
Lamtio Sihombing, D., Zenifer, Y., Prima Ginting, P., & Parhusip, J. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Ketimpangan Pendidikan di Indonesia. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1), 719–723. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1.2517
Section
Articles
Author Biographies

Dermauli Lamtio Sihombing, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

Yolanda Zenifer, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

Paska Prima Ginting, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

Jadiaman Parhusip, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

References

Badan Pusat Statistik. (2023). Laporan Statistik Pendidikan dan Teknologi di Indonesia. Jakarta: BPS.

Eneza Education. (2022). The Impact of SMS-based Learning in Sub-Saharan Africa. Nairobi: Eneza Foundation.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2023). Transformasi Digital untuk Pendidikan Merata. Jakarta: Kominfo.

Kominfo. (2022). Laporan Program Palapa Ring dan Pemerataan Akses Internet di Indonesia. Jakarta.

Korean Ministry of Education. (2022). Education Technology in Korea: A Case Study of Success. Seoul: Ministry of Education, Korea.

Ministry of Electronics and Information Technology, India. (2023). Digital India: Empowering Villages through ICT. New Delhi: Government of India.

Prasetyo, R., & Wijaya, T. (2021). Peningkatan Literasi Digital Guru di Daerah 3T. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 147-159.

UNESCO. (2022). Digital Education for Rural Areas: Bridging the Gap. Paris: UNESCO Publishing.

World Bank. (2021). Digital Inclusion and Educational Development: Lessons from Emerging Economies. Washington D.C.: World Bank Group.

Zhou, T., Li, M., & Wang, J. (2019). The Role of ICT in Bridging Educational Inequalities. International Journal of Education and Development using ICT, 15(2), 35-50.

Most read articles by the same author(s)