Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD/MI

Main Article Content

Khotna Sofiyah
Nur Hikmah Hasibuan

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat memaksimalkan hasil pembelajaran matematika adalah Model Problem Based Learning. Model ini dirancang untuk memecahkan masalah yang ada pada siswa dan menemukan solusi. Tujuan dari penelitian quasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam hasil belajar matematika siswa SD yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan kontrol grup yang tidak sebanding. Dalam penelitian ini, ada dua metode pengambilan sampel: teknik random sampling dan teknik intac group.

Article Details

How to Cite
Sofiyah, K., & Hasibuan, N. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SD/MI. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1652–1661. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.2063
Section
Articles
Author Biographies

Khotna Sofiyah, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nur Hikmah Hasibuan, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

References

Khotna Sofiyah,Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, Volume 3, Nomor 1, 2023, 31-05

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitriah, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 2016-2024

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tehadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91- 94.

Putu Luh Eka, pujdawan ketut S. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning Berorientasi Tri pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 50-60.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1-14.

Sa'diyah, C., Tika Damayani, A., Fia Asri Untari, M. (2015). Keefektifan Model Problem based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran , 2(1), 12-21.

Setiana, F., Rahayu, T, S., & Wasitohadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas IV SD, 6(1), 8- 14.

Sitorus, I. J., Fkip, P., Katolik, U., & Thomas, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional terhadap Hasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pelajaranmatematika Di Kelas V Sdn 068003

P. Simalingkar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. 2(1) , 144. Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Suyoto, & Jannah, M. H. (2017). Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Luas Bangun Datar. 6(3)

Timu, F., Wewe, M., & Nau, M. I. . M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2016, 93-104.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., Dan Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Jurnal of Information Systems, 1(2), 63.

Zany, R. J. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning pada Materi Jenis Sudut Dan Besar Sudut terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Islam Al-Alifah Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(1), 54-64.