Model Pembelajaran BESTARI: Membangun Pondasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKN SD

Main Article Content

Oktavia Nurcahyani
Olivia Marcha Waskitho
Widarsih
Zifora Putri Keyla
Deni Zein Tarsidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model pembelajaran BESTARI dapat diterapkan dalam pembelajaran PPKN di sekolah dasar, khususnya dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Studi kasus ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang penggunaan model ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran BESTARI menggabungkan berbagai pendekatan yang berbeda untuk membuat lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif. Pendekatan ini seperti Problem Based Learning, Visual Auditory Kinesthetic, dan Snowball Throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Ini juga menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar, yang menghasilkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Oleh karena itu, model pembelajaran BESTARI sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan PPKN di sekolah dasar. Model pembelajaran ini membantu siswa memperoleh keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di era saat ini.


 

Article Details

How to Cite
Nurcahyani, O. ., Waskitho, O. M. ., Widarsih, Keyla, Z. P. ., & Tarsidi, D. Z. . (2024). Model Pembelajaran BESTARI: Membangun Pondasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKN SD. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1399–1408. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2681
Section
Articles
Author Biographies

Oktavia Nurcahyani, Universitas Sebelas Maret

PGSD, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Olivia Marcha Waskitho, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret

Widarsih, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret

Zifora Putri Keyla, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret

Deni Zein Tarsidi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret

References

Afriani, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Kelam Permai. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.51826/edumedia.v6i2.660

Baso Madiong, S. H., Zainuddin Mustapa, D., & Chakti, A. G. R. (2018a). Pendidikan Kewarganegaraan: Civic Education (Vol. 1). CELEBES MEDIA PERKASA.

Baso Madiong, S. H., Zainuddin Mustapa, D., & Chakti, A. G. R. (2018b). Pendidikan Kewarganegaraan. Celebes Media Perkasa.

Dewantara, J. A., Efriani, E., & Sulistyarini, S. (2020). CARING NATIONAL IDENTITY THROUGH TEACHER CONTRIBUTIONS IN THE BORDER: PANCASILA ACTIONISTIC BASIC IMPLEMENTATION. Jurnal Basicedu, 4(3), 649–661. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.407

Fitriya, D., Amaliyah, A., Pujianti, P., & Fadhillahwati, N. fauziah. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(5), 362–366. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.49-58

Inayah, N., Cinantya, C., & Amelia, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL BESTARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 09(September).

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576

Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971

Kusumawarti, E., Subiyantoro, S., & Rukayah. (2020). The effectiveness of visualization, auditory, kinesthetic (VAK) model toward writing narrative: Linguistic intelligence perspective. International Journal of Instruction, 13(4), 677–694. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13442a

Niami, D. (2022). UPAYA GURU PPKn MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan, November, 379–386.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Putra, R. A., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 426–433. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.377

Raudhatul, M., & Hidayat, A. (2024). MENGGUNAKAN MODEL BESTARI DI KELAS IV SDN SUNGAI BILU 1. 7(November 2021), 13766–13773.

Saidurrahman, T. P. D. K., & Arifinsyah, H. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan: NKRI Harga Mati. Prenada Media.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Suharyati, T., & Putu Arga, H. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037

Susanti, E., Sutisnawati, A., Nurasiah, I., & Kritis, B. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Jurnal Kependidikan Utile, V(2), 123–133.

Wulan Sari, D., & Kesna Mahatmaharti, A. (2023). Strategi Guru PPKN dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X di MA Negeri 10 Jombang. Peningkatan Kinerja Dosen Melalui Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1, 132–142.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.474