Program Pembiasaan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Nilai Karakter Tanggung Jawab kepada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur

Main Article Content

Putri Rizki Anugrah Illahi
Delila Kania
Elan

Abstract

The Central Indonesian nation is experiencing a crisis of moral degradation, such as the rise of motorcycle gang t-shirts, brawls, acts of corruption in all walks of life, public lies, and a lack of legal certainty. The aim is to determine the attitudes generated by students in the character education habituation program towards the character value of responsibility. This research is a type of qualitative descriptive research carried out at SMK Negeri 1 Pacet, Cianjur Regency, with data collection techniques using in-depth interview methods through interview instruments, observation methods through observation instruments, and documentation methods. The strategy used by the school to familiarize students is to hold several activities, namely the red and white flag ceremony, morning assembly every Wednesday, and religious activities every Friday.

Article Details

How to Cite
Anugrah Illahi, P. R., Kania, D. ., & Elan. (2024). Program Pembiasaan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Nilai Karakter Tanggung Jawab kepada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1201–1209. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.1842
Section
Articles
Author Biographies

Putri Rizki Anugrah Illahi, Universitas Pasundan Bandung

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Delila Kania, Universitas Pasundan Bandung

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Elan, Universitas Pasundan Bandung

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiyansyah, Hidayat, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, and Ludovikus Bomans Wadu. 2019. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 4 (1): 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.21067/jmk.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Buku Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Integration of social care characters and moral integratif on social science lessons in elementary school. Al-ishlah: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413-427. http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/260/175

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Labudasari, Erna, and Eliya Rochmah. 2019. “Peran Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Academia 9 (1): 299–310. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v9i14254.

Larasati, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 384–390.

Lickona, T. (2015). Education Fro Character: How Our School Can Teach Repect and Responsibility. Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Manab, A. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif (A. Kutbuddin (ed.)). Kalimedia. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10156/1/Penelitian

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Natasya Shohibah, L., & Akhwani. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. National Conference For Ummah (NCU), 01, 269–273.

Nurfati’ah. (2017). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.

Peraturan Presiden no. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990, yang mengatur pendidikan menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pada program pendidikan 3 (tiga) tahun

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Resti, F. I. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sma Negeri 1 Demak Melalui Program Tertib Parkir Di Sekolah. Skripsi:Tidak dterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Risthantri, P., & Sudrajat, Ajat. (2015). Hubungan antara pola asuh orang tua dan ketaatan beribadah dengan perilaku sopan santun peserta didik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, (2), . 2, pp. 191-202, Retrieved from: http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/7670

Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Simorangkir. (1987). Tanggung jawab manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Undang-Undang Dasar 1945

UNICEF. (2014). Laporan tahunan Indonesia 2014. Genewa: PBB

Wadu, Samawati dan Ladamay. 2020. Penerapan Nilai Kerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4 (1), 100-106.

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I1.P70-79

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta; Kencana Penada Media Group.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.