Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hardiness dalam Belajar dan Implikasi dalam Pelayanan Konseling

Main Article Content

Ega Fitria Zalma
Nurfarhanah
Zikra
Puji Gusri Handayani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang memiliki kepercayaan diri dan hardiness yang berbeda-beda dan kepercayaan diri dan hardiness dipengaruhi oleh berbagai aspek. Jika tidak percaya diri dan hardiness rendah maka bisa membuat individu mengalami gangguan emosional, stress dan rendah diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kepercayaan diri siswa dalam belajar; 2) hardiness siswa dalam belajar; 3) hubungan kepercayaan diri dan hardiness siswa dalam belajar. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 272 orang siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan model Skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hardiness siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri siswa dalam belajar secara umum berasa pada kategori sedang (47,1%); 2) Hardiness siswa dalam belajar berada pada kategori sedang (50,4%); 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hardiness siswa dalam belajar.

Article Details

How to Cite
Fitria Zalma, E., Nurfarhanah, Zikra, & Gusri Handayani, P. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hardiness dalam Belajar dan Implikasi dalam Pelayanan Konseling. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 1041–1048. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1804
Section
Articles
Author Biographies

Ega Fitria Zalma, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Nurfarhanah, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Zikra, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

Puji Gusri Handayani, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Indonesia

References

Ghufron M. Nur, Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media : YogJakarta

Hidayati, N. W., & Nofari, H. (2015). Meningkatkan Percaya Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3)

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers

Hakim, T. (2002). Mengenal rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia, 5(1).

Maddi, S. R. (2013). Hardiness: Turning stressful circumtances into resilient growth. New York: Springer.

Mailinda, V. E., & Zikra, Z. (2023). Hubungan Interaksi Sosial dengan Kecerdasan Emosional Siswa di SMPN 1 Sungai Geringging. ANWARUL, 3(6), 1434-1448.

Mastuti, I. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: PT Buku Kita

Merianda, N., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hardiness Pada Santri Mts Pondok Pesantren Daar El-Qolam 1. JCA Psikologi, 1(1), 66–74.

Nurrahmah, L. A. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMK Farmasi Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 1-8.

Nurfarhanah, N. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 12-17.

Oktavia, P., Hariko, R., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2024). Resiliensi Akademik Siswa SMA yang Tinggal Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2701-2709.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prihatini, A. (2022). Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Santrock, J. W. (2003). Adolescene: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Trifiriani, M., & Agung, I. M. (2017). Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Muharrama Trifiriani Academic Hardiness dan Prokrastinasi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2).

Wihartati, W. (2022). Psikologi Kesehatan.Semarang: Lawwana.

Yahya, J. (2014). Bimbingan dan Konseling Agama Islam. Jakarta: Angkas Raya

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2).