Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta

Main Article Content

Salsabila Ananda

Abstract

Proses belajar mengajar sangat penting untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas, yang akan memperluas pengetahuan dan membentuk karakter siswa. Siswa harus mencapai prestasi belajar jika ingin menghasilkan manusia yang berkualitas dibidang pendidikan. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Contoh faktor internal yaitu disiplin belajar. Peneliti akan menganalisis tentang pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta. Peneliti memakai metode kuantitatif dengan pendekatan kuesioner tertutup. Teknik yang digunakan adalah pengambilan sampel aksidental yang dikombinasikan dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas. Populasi yang terdapat di penelitian ini adalah siswa siswi kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta yang memiliki jumlah sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikansi 5%, terdapat korelasi positif sebesar 0,821 antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta. Lalu nilai korelasinya adalah 0,674 yang menunjukkan hubungan erat serta bersifat positif dan besaran pengaruh variabel Disiplin terhadap variabel Prestasi kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta adalah 67,4% dan 32,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian.

Article Details

How to Cite
Salsabila Ananda. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII SMA/SMK di Jakarta. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 1017–1026. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1796
Section
Articles
Author Biography

Salsabila Ananda, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kota Jakarta, Indonesia

References

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2018). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. New York: Guilford Press.

Doe, J. &. (2018). The Influence of Peer Group Environment on Academic Motivation: A Study of High School Students. . Journal of Educational Psychology.

Naibaho, S. W. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa MTS Negeri 1 Tapanuli Tengah disaat pandemi COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2),, 304-312.

Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas viii smpit fajar ilahi batam. Jurnal As-Said, 2(1), 100-115.

NURAENI, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Rancaekek Tahun Ajaran 2019/2020. (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Ryan, A. M., & Shin, H. (2020). Peer relationships and adolescent adjustment. In J. L. Mahoney, R. W. Larson, & J. S. Eccles (Eds.), Organized activities as contexts of development (pp. 127-152). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Saputro, Y. A. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1) , 59-72.

Smith, J. &. (2016). Peer Influence on Academic Motivation Among Middle School Students. Educational Psychology Review.

Suhaida, P. &. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Dii Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bmbingan dan Konseling Islami. Padang: UIN imam Bonjol (Vol.5 No 3)., 21.

Sukaesih, S. (2023). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Remaja di Sekolah Menengah Atas. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4),, 1099-1116.

Uno, H. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wentzel, K. R. (2018). Peers and academic functioning at school. In W. M. Bukowski, B. P. Laursen, & K. H. Rubin (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 531-547). New York: Guilford Press.